View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1F018101
Nama MahasiswaDWIKY WICAKSONO
Judul ArtikelPenentuan Atribut Jipang Kacang yang Paling Memerlukan Perbaikan Berdasarkan Tingkat Kepuasan dan Kepentingan Konsumen
AbstrakMakanan khas daerah diwaspadai akan terjadi pergeseran budaya sehingga makanan khas akan tergantikan oleh makanan dari daerah lain maupun dari luar negeri. Jipang kacang juga mengalami dampak tersebut, jika hal tersebut terus dibiarkan maka jipang kacang akan terlupakan dan sulit bersaing dengan produk lain. Salah satu upaya untuk bertahan dari semakin ketatnya persaingan adalah dengan melakukan pengembangan terhadap atribut yang paling memerlukan perbaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan atribut jipang kacang yang paling memerlukan perbaikan. Metode penelitian dilakukan dengan survei terhadap 100 responden dan studi pustaka. Kuesioner sebelumnya dilakukan uji validitas dengan korelasi Product Moment dan Uji reliabilitas menggunakan metode Cronbach’s Alpha.Kuesioner disebarkan dengan metode purposive sampling dengan kriteria telah mengonsumsi jipang kacang minimal sebanyak 1 kali dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Hasil survei dianalisis dengan metode Importance Performance Analysis (IPA). Atribut jipang kacang yang paling memerlukan perbaikan adalah atribut pada kuadran 1 yang diantaranya jipang kacang yang tidak lengket pada kemasan, desain label pada kemasan, kelengkapan informasi produk pada kemasan, promosi melalui media sosial dan promosi melalui event atau pameran.
Abstrak (Inggris)Typical food are wary of a cultural shift so that special foods will be replaced by foods from other regions and from abroad. Jipang kacang also experiences this impact. If this continues, Jipang kacang will be forgotten and it will be difficult to compete with other products. One of the efforts to survive extinction and increasingly intense competition is to develop the attributes that most need improvement. The purpose of this research is to determine the attributes of jipang kacang which need improvement the most. The research method was carried out by surveying 100 respondents and study literature. The questionnaire previously was tested for validity with correlation poduct moment and reliability test using the cronbach’s alpha. Questionnaires distributed by purposive sampling with the criteria of consuming Jipang kacang at least 1 time in the last 3 months. The survey results were analyzed by the Importance Performance Analysis (IPA). The attributes of Jipang Kacang that need the most improvement are the attributes in quadrant 1 which include Jipang kacang which is not sticky on the packaging, label design on the packaging, completeness of product information on the packaging, promotions through social media and promotions through events or exhibitions.
Kata Kuncipengembangan produk, jipang kacang, Importance Performance Analysis (IPA)
Nama Pembimbing 1Dr. Ervina Mela Dewi, S.T., M.Si.
Nama Pembimbing 2Dr. Ir. V. Prihananto, M.Si.
Tahun2023
Jumlah Halaman7
Page generated in 0.0546 seconds.