View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1C017011
Nama MahasiswaANNASTA TINDI CAPINDO
Judul ArtikelFAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT PENGGUNAAN QRIS (STUDI PADA TOKO OLEH-OLEH DI KABUPATEN BANYUMAS)
AbstrakTujuan dari studi ini adalah untuk menguji pengaruh perceived benefit, perceived risk, dan trust terhadap minat penggunaan QRIS. Studi ini menggunakan teori Trust and Risk in Technology Acceptance Model (TRiTAM) dengan purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Sumber data berasal dari data primer berupa kuesioner yang disebarkan kepada responden. Sampel penelitian berjumlah 49 toko oleh-oleh di Kabupaten Banyumas yang belum menerapkan QRIS. Teknik analisis data yang diaplikasikan yakni analisis regresi linear berganda. Variabel independen yang diteliti adalah variabel perceived benefit, perceived risk, dan trust, sedangkan variabel dependennya adalah variabel minat penggunaan. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda, studi ini menunjukkan bahwa: (1) perceived benefit berpengaruh positif terhadap minat penggunaan QRIS; (2) perceived risk berpengaruh negatif terhadap minat penggunaan QRIS; dan (3) trust berpengaruh positif terhadap minat penggunaan QRIS. Ini menyimpulkan bahwa perceived benefit perceived risk, dan trust adalah faktor-faktor yang memengaruhi minat penggunaan QRIS pada toko oleh-oleh di Kabupaten Banyumas. Uji statistik dilakukan dengan aplikasi IBM SPSS Statistics 26.
Abstrak (Inggris)This study aims to examine the effect of perceived benefit, perceived risk, and trust on intention to use QRIS. This study uses the theory of Trust and Risk in Technology Acceptance Model (TRiTAM) with purposive sampling as the method. The data used is primary data gathered via questionnaires. The sample consisted of 49 souvenir shops in Banyumas Regency that had not implemented QRIS. This study applied multiple linear regression analysis as the data analysis technique. Perceived benefit, perceived risk, and trust were the independent variables, while intention to use was the dependent variable. Based on the results of multiple regression analysis, this study shows that: (1) perceived benefits have a positive effect on interest in using QRIS; (2) perceived risk has a negative effect on interest in using QRIS; and (3) trust has a positive effect on interest in using QRIS. This concludes that perceived benefit, perceived risk, and trust are factors that influence intention to use QRIS at souvenir shops in Banyumas Regency. Statistical tests were performed with IBM SPSS Statistics 26.
Kata KunciQRIS, perceived benefit, perceived risk, trust, minat penggunaan
Nama Pembimbing 1Adi Wiratno
Nama Pembimbing 2Taufik Hidayat
Tahun2022
Jumlah Halaman8
Page generated in 0.0785 seconds.