View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1H019010
Nama MahasiswaDESRYO ADI SUSANTO
Judul ArtikelTHE INFLUENCE OF HEALTHY FOOD CLAIM ON PACKAGING LABEL, PACKAGING SIZE, PACKAGING DESIGN TOWARD PURCHASE INTENTION: THE ROLE OF POSITIVE EMOTION AS MEDIATING VARIABLE
AbstrakSaat ini, tidak hanya produk biasa yang menggunakan dan bersaing dalam membuat kemasannya menarik. Produk olahan makanan sehat juga gencar mempromosikan produk olahannya. Pandemi Covid-19 telah berdampak pada berbagai kehidupan masyarakat, termasuk mengatur kesehatan dan pola hidup sehat, konsumen tidak hanya melihat produk saja. Faktor pendukung seperti desain kemasan yang menarik dapat mempengaruhi niat beli konsumen. Saat membeli produk yang berhubungan dengan kesehatan, konsumen akan membaca label kemasan suatu produk saat membeli produk yang berhubungan dengan kesehatan. Ukuran kemasan merupakan salah satu komponen kemasan yang cukup penting. Konsumen cenderung menilai kemasan dari apa yang mereka lihat. Emosi positif dapat menimbulkan perasaan positif seseorang sehingga mengalami pengalaman emosional yang menyenangkan atau membangkitkan semangat. Berdasarkan fenomena yang ada, penggunaan klaim kesehatan pada label dan desain kemasan berdampak positif terhadap niat beli konsumen. Sampel penelitian ini adalah pelanggan dan calon konsumen Rumah Mocaf Indonesia sebanyak 233 orang. Analisis data penelitian menggunakan SEM dengan amos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Emosi Positif berpengaruh positif terhadap Klaim Makanan Sehat pada Label Kemasan dan Desain Kemasan.
Abstrak (Inggris)Nowadays, it is not only ordinary products that use and compete in making their packaging attractive. Healthy food processed products are also aggressively promoting processed products. The Covid-19 pandemic has impacted various people's lives, including managing health and a healthy lifestyle consumers don't just look at the product. Supporting factors such as attractive design on packaging can affect consumers' purchasing intentions. When they buy health-related products, consumers will read the packaging label of a product when they buy health-related products. Packaging size is one of the components of packaging that is quite important. Consumers tend to judge packaging by what they see. Positive emotion can give rise to positive feelings of a person so as to experience pleasant or uplifting emotional experiences. Based on existing phenomena, the use of health claims on labels and packaging designs has a positive impact on consumer purchase intentions. The sample of this study was 233 who are customer and prospective consumer of Rumah Mocaf Indonesia. Analysis of research data using SEM with amos. The Result showed that Positive Emotion has a positive effect on Healthy Food Claim on Pakcaging Label and Packaging design.
Kata KunciKeyword: Healthy Food Claim, Packaging Label, Packaging Size, Packaging Design, Purchase Intention.
Nama Pembimbing 1Dr. Lusi Suwandari S.E, Msi.
Nama Pembimbing 2Chandra Suparno S.E, Msi
Tahun2023
Jumlah Halaman15
Page generated in 0.0552 seconds.