View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1B019112
Nama MahasiswaMIRZA MAULANA SULTHAN
Judul ArtikelPERAN PEMASARAN KONTEN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT DONASI CROWDFUNDING SOSIAL BERBASIS TEKNOLOGI (STUDI KASUS MAHASISWA UNSOED)
AbstrakPenelitian ini bermaksud untuk mengkaji dampak content marketing dan usability terhadap minat generasi milenial dalam melakukan donasi crowdfunding. Kajian ini secara khusus akan mengkaji: pertama, pengaruh content marketing terhadap minat generasi milenial untuk berdonasi crowdfunding; dan kedua, pengaruh kemudahan penggunaan terhadap minat generasi milenial untuk berdonasi crowdfunding. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman Indonesia. Menurut perkiraan menggunakan rumus Rao Purba (2006), ukuran sampel minimal adalah 96 orang. Temuan menunjukkan bahwa content marketing (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap niat mahasiswa untuk berdonasi di platform crowdfunding. Oleh karena itu, hipotesis pertama tidak didukung. Di sisi lain, hipotesis kedua yang menyatakan persepsi kemudahan penggunaan teknologi berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa dalam donasi crowdfunding. Kami menyimpulkan bahwa pemasaran konten dan persepsi kemudahan penggunaan memiliki pengaruh simultan terhadap minat donasi crowdfunding. Studi ini berkontribusi pada kemajuan Teori Model Penerimaan Teknologi untuk penggalangan dana sosial berbasis digital. Crowdfunding memungkinkan aktivis bisnis sosial atau nirlaba untuk mendanai inisiatif mereka dengan meminta kontribusi yang relatif sederhana dari banyak individu.
Abstrak (Inggris)This study intends to examine the impact of content marketing and usability on the interest of the millennial age in making crowdfunding donations. This study will specifically examine: first, the effect of content marketing on the millennial generation's interest in making crowdfunding donations; and second, the effect of ease of use on the millennial generation's interest in making crowdfunding donations. All active students from the Faculty of Economics and Business at Universitas Jenderal Soedirman Indonesia comprised the study population. According to estimates using the Rao Purba formula (2006), the minimal sample size is 96 individuals. The findings suggests that content marketing (X1) has no significance influence on students’ intention to donate at crowdfunding platform. Therefore, the first hypothesis was not supported. On the other hand, the second hypothesis stating that perceive ease of use on technology has significant influence on student interest in crowdfunding donations. We conclude that content marketing and perceived ease of use have a simultaneous influence on the interest in crowdfunding donations. This study contributes to the advancement of the Technology Acceptance Model Theory for digitally-based social fundraising. Crowdfunding enables social or non-profit business activists to fund their initiatives by soliciting relatively modest contributions from numerous individuals.
Kata Kuncipemasaran konten, kemudahan penggunaan, minat donasi
Nama Pembimbing 1Alisa Tri Nawarini
Nama Pembimbing 2Monica Rosiana
Tahun2023
Jumlah Halaman20
Page generated in 0.0641 seconds.