View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)J1D018011
Nama MahasiswaFEBRINA NURUL AZIZAH
Judul ArtikelTOKOH DAN KONFLIK PADA BUKU SISWA SMP BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013
AbstrakBuku pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas 9 berisi cerita pendek dengan kutipan yang menampilkan berbagai karakteristik tokoh dan konflik dalam kutipan cerpen. Siswa dapat belajar dari sikap dan perilaku baik tokoh-tokoh dalam cerpen tersebut, terutama dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakterisik tokoh pada kutipan cerpen dalam buku siswa Bahasa Indonesia SMP kelas IX Kurikulum 2013 dan untuk mengidentifikasi konflik pada kutipan cerpen dalam buku siswa Bahasa Indonesia SMP kelas IX kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis konten. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan catat yang berupa tes tertulis. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data dalam penelitian kualitatif ini yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dalam peneliltian ini, metode yang digunakan dalam penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal. Hasil penelitian ini yaitu dari 5 buku Bahasa Indonesia Kelas IX kurikulum 2013 terdapat 17 cerita pendek yang dianalisa. Terdapat 32 karakterisik tokoh utama diantaranya 19 karakter tokoh Protagonis dan 13 karakter tokoh Antagonis dari 17 cerita pendek dalam buku Bahasa Indonesia SMP Kelas IX kurikulum 2013. Dapat disimpulkan bahwa 71% dari tokoh utama yang mempunyai karakter tokoh Protagonis dan 29% tokoh utama yang mempunyai karakter tokoh Antagonis. Konflik yang terdapat dalam 17 cerita pendek buku Bahasa Indonesia kelas IX kurikulum 2013 yang dianalisa ada 2 konflik yang ditemukan, yaitu konflik eksternal (sosial) dan konflik internal (batin).
Abstrak (Inggris)Azizah, Febrina. N. 2023. "Characters and Conflicts in the 2013 Curriculum Indonesian Language Student Book". Essay. Purwokerto. Faculty of Cultural Sciences, Jenderal Soedirman University. Classs 9 Middle School Indonesian language textbooks contain short stories with eexcerpts that display the various characteristics of the characters and conflicts I the short story quotes. Students can learn from the attitudes and good behavior of the characters in the shhort sories, especially in everyday life. This study aims to determine the characteristics of the characters in the short story quotations in junior high school Indonesian students' books and to identify conflicts in the short story quotations in junior high school Indonesian students' books. This type of research is a qualitative descriptive research. This research method uses content analysis method. The data collection technique used was a reading and note taking technique in the form of a written test. The techniques used in analyzing the data in this qualitative research are data reduction, data presentation and conclusions. In this study, the method used in presenting the results of data analysis uses an informal method. The results of this study are that out of 5 Class IX Indonesian books curriculum 2013, there are 17 short stories analyzed. There are 32 main character characteristics, including 19 protagonist characters and 13 antagonist character characters out of the 17 short stories in Indonesian Middle School Class IX books Curriculum 2013. It can be concluded that 71% of the main characters have Protagonist characters and 29% of the main characters have Antagonist characters. There were 2 conflicts found in the 17 short stories from Indonesian language books for grade IX Curriculum 2013, namely external (social) conflict and internal (inner) conflict.
Kata Kuncitokoh, konflik, buku SMP Bahasa Indonesia, kurikulum 2013
Nama Pembimbing 1Bivit Anggoro Prasetyo Nugroho, S.Pd.,M.Pd.
Nama Pembimbing 2Dr. Memet Sudaryanto, M.Pd.
Tahun2023
Jumlah Halaman186
Page generated in 0.0503 seconds.