View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1C017041
Nama MahasiswaKARIMATUL HIKMAH
Judul ArtikelStrategi Penyiaran Paduka Dirgantara Fm Dalam Mempertahankan Pendengar Setianya (Studi Kasus Penyiaran Paduka Fm Pada Tahun 2021-2022)
AbstrakRadio merupakan salah satu media hiburan dengan usia tertua, dibandingkan dengan media hiburan lainnya. Menyikapi hal tersebut stasiun radio tidak akan bertahan. Program radio yang baik dan tepat akan menarik dan mempertahankan pendengar setia radio tersebut. Teori AIDDA dibutuhkan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang dilakukan oleh Radio Paduka FM untuk Mempertahankan Pendengar Setianya. Melalui teori AIDDA, dapat menggabungkan antara pembuatan program acara yang baik serta bagaimana cara mendistribusikan program tersebut ke khalayak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus dan pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik purposive sampling. Terdapat faktor penghambat dan pendukung untuk terjalinya proses strategi yang dilakukan paduka FM untuk mempertahankan pendengarnya. Faktor pendukung diantaranya: sumber daya manusia & media sosial. Sedangkan faktor penghambatnya adalah cuaca dan kurangnya interaksi dari pendengar. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya-upaya untuk strategi penyiaran paduka fm dalam mempertahankan pendengarnya melalui penerapan teori AIDDA. Tahapan teori AIDDA ini diantaranya Attention (memperhatikan isu menarik di kalangan pendengar), Interest (mencari tahu program yang paling diminati di Paduka FM), Desire (hasil dari penerapan program kuis dan reward dari pemenang kuis), Decision (pengambilan keputusan atas proses penyelenggaraan program) dan yang terakhir adalah Action (pelaksanaan atas proses yang telah disusun dalam program tersebut termasuk Paduclass dan Intimmate Dinner).
Abstrak (Inggris)Radio is one of the oldest entertainment media, compared to other entertainment media. In response to this the radio station will not survive. A good and appropriate radio program will attract and retain loyal radio listeners. The AIDDA theory is needed to analyze what factors Paduka FM Radio does to maintain its loyal listeners. Through AIDDA theory, you can combine making good programs and how to distribute these programs to the public. The research method used is a qualitative case study and data collection uses observation, interviews, and documentation using purposive sampling techniques. There are inhibiting and supporting factors for the strategic process carried out by Paduka FM to retain listeners. Supporting factors include: human resources & social media. While the inhibiting factors are the weather and the lack of interaction from listeners. The results of the research show that efforts for Paduka FM's broadcasting strategy to retain listeners are through the application of the AIDDA theory. The stages of this AIDDA theory include Attention (paying attention to interesting issues among listeners), Interest (finding out which programs are most in demand on Paduka FM), Desire (results from implementing the quiz program and rewards from quiz winners), Decision (decision making on the process of implementing the program ) and the last is Action (implementation of the processes that have been compiled in the program including Paduclass and Intimate Dinner).
Kata KunciStrategi Radio, Teori AIDDA, Paduka FM, Mempertahankan Pendengar
Nama Pembimbing 1Drs. Bambang Widodo, M.Pr.
Nama Pembimbing 2Dra. Sri Pangestuti, M.Si.
Tahun2023
Jumlah Halaman17
Page generated in 0.049 seconds.