View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)J1C017054
Nama MahasiswaSAHRUL BAHTIAR
Judul ArtikelFENOMENA IJIME DALAM ANIME KOE NO KATACHI KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK
AbstrakFenomena peningkatan kasus bunuh diri akibat perlakuan ijime di Jepang melatar belakangi penelitian ini. Anime Koe no Katachi membahas tentang fenomena ijime, kelompok sosial kesenjangan sosial dan dampak yang di timbulkan dari perilaku Ijime. Penelitian tentang ijime ini menggunakan teori sosiologi sastra dengan pendekatan teori strukturalisme-genetik Lucien Goldmann karena, dalam menopang teori strukturalisme genetik, Goldmann membangun seperangkat kategori yang saling berkaitan dengan gagasan sosial, yaitu fakta kemanusiaan, subjek kolektif, strukturasi, pandangan dunia pengarang, dan pemahaman-penjelasan. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan unsur naratif dalam sebuah film. Tujan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan fenomena ijime di dalam karya sastra dan hubungannya dalam lingkungan sosial. Penelitian ini juga menghasilkan pemahaman tentang struktur dari karya sastra, pandangan pengarang yang di implementasikan di dalam anime tersebut, dan hubungan fakta kemanusiaan yang terjadi di dalam anime dengan fakta kasus yang terjadi di Jepang.
Abstrak (Inggris)The phenomenon of increasing suicide cases due to ijime treatment in Japan is the background of this research. Anime Koe no Katachi discusses the phenomenon of ijime, social groups, social inequality and the impact caused by Ijime's behavior. This research on ijime uses the theory of sociology of literature with the approach of Lucien Goldmann's genetic-structuralism theory because, in supporting the theory of genetic structuralism, Goldmann builds a set of categories that are interrelated with social ideas, namely human facts, collective subject, structuration, author's worldview, and understanding. -explanation. Using a qualitative descriptive approach and narrative elements in a film. The aim of this study is to describe the phenomenon of ijime in literary works and their relationship in the social environment. This research also generates an understanding of the structure of literary works, the views of the authors that are implemented in the anime, and the relationship between human facts that occur in anime and the facts of cases that occur in Japan.
Kata KunciAnime, fakta kemanusiaan, ijime, Karya Sastra, Pandangan Dunia Pengarang, Strukturalisme Genetik, Struktur Karya sastra.
Nama Pembimbing 1Hartati, S.S.,M.Hum
Nama Pembimbing 2Muammar Kadafi, S.S.,M.A
Tahun2023
Jumlah Halaman12
Page generated in 0.0531 seconds.