View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)I1F021001
Nama MahasiswaMUHAMAD KHOERO ARDLI
Judul ArtikelPengaruh Pendidikan Kesehatan Video Bahasa Jawa “Ngapak” Terhadap Perilaku Pencegahan Komplikasi Hipertensi Pada Lansia Di Desa Dukuhturi Kecamatan Ketanggungan Brebes
AbstrakLatar Belakang: Hipertensi paling banyak diderita oleh lansia. Hipertensi dapat mengakibatkan komplikasi kesehatan. Salah satu penatalaksanaan preventif adalah pendidikan kesehatan agar dapat mencegah komplikasi hipertensi. Bahasa daerah menjadi strategi untuk menjangkau masyarakat indonesia yang memilki keragama kultur budaya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan video bahasa Jawa “ngapak” terhadap perilaku pencegahan komplikasi hipertensi pada lansia. Metodologi: Desain penelitian quasi eksperimental pretest-posttest non equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel total sampling, sejumlah 40 responden yang terbagi pada kelompok intervensi dan kontrol. Instrumen penelitian kuesioner kontrol hipertensi yang telah diuji validitas dan relibilitas oleh oleh Romli (2021). Intervensi diberikan 20 menit selama 15 hari. Analisis data menggunakan uji Independent dan Paired T-test. Hasil Penelitian: Mayoritas responden berjenis kelamin perempuan, rata-rata usia responden 65 tahun, berpendidikan terahir SD. Semua responden memiliki perilaku yang kurang. Setelah dilaksanakan terapi terdapat perbedaan skor perilaku kelompok intervensi dan kontrol (p=0,000). Terdapat perubahan skor perilaku yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah dilakukan intervensi (p=0,000), namun tidak terdapat perubahan signifikan (p=0,330) pada kelompok kontrol. Kesimpulan: Ada pengaruh pemberian pendidikan kesehatan video bahasa Jawa “Ngapak” terhadap perilaku pencegahan komplikasi hipertensi pada lansia Kata Kunci: Hipertensi, Lansia, Pendidikan Kesehatan, Perilaku, Video.
Abstrak (Inggris)Background: Hypertension mostly affects the elderly. Hypertension can lead to health complications. One of the preventive management is health education in order to prevent complications of hypertension. Regional languages are a strategy to reach Indonesian people who have a diversity of cultures. The aim of this study was to determine the effect of health education video Javanese "ngapak" on behavior to prevent complications of hypertension in the elderly. Methods: The research design is a quasi-experimental pretest-posttest non-equivalent control group design. The sampling technique is total sampling, a total of 40 respondents divided into the intervention and control groups. The research instrument for the hypertension control questionnaire has been tested for validity and reliability by Romli (2021). Intervention given 20 minutes for 15 days. Data analysis used Independent test and Paired T-test. Results: The majority of respondents are female, the average age of the respondents is 65 years, the last education is elementary school. All respondents have less behavior. After the therapy was carried out, there were differences in the behavior scores of the intervention and control groups (p=0.000). There was a significant change in behavior score in the experimental group after the intervention (p=0.000), but there was no significant change (p=0.330) in the control group. Conclusion: There is an effect of giving Javanese “Ngapak” language video health education on the behavior of preventing complications of hypertension in the elderly Keyword: Behavior, Elderly, Health Education, Hypertension, Video.
Kata KunciHipertensi, Lansia, Pendidikan Kesehatan, Perilaku, Video.
Nama Pembimbing 1Arif Imam Hidayat, S.Kep., Ns. MNS
Nama Pembimbing 2Koernia Nanda P, M.Kep., Ns. Sp.Kep.Kom
Tahun2023
Jumlah Halaman68
Page generated in 0.0547 seconds.