View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)I1D018046
Nama MahasiswaRAYNA NITISARA SALZABILA
Judul ArtikelANALISIS PERBEDAAN RATA-RATA ASUPAN ENERGI DAN PERILAKU MAKAN PADA SISWI YANG MEMILIKI CITRA TUBUH POSITIF DAN NEGATIF DI SMA ISLAM DARUSSALAM BEKASI
AbstrakLatar Belakang : Salah satu faktor yang dapat menyebabkan permasalahan gizi pada remaja yaitu citra tubuh. Seseorang dengan persepsi citra tubuh negatif akan menginginkan bentuk tubuh ideal yang menyebabkan seseorang membatasi asupan makan dan mengubah perilaku makan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata asupan energi dan perilaku makan pada siswi yang memiliki citra tubuh positif dan negatif. Metode : Penelitian ini menggunakan desain cross sectional, dilaksanakan di SMA Islam Darussalam Bekasi pada bulan Februari 2023. Sampel sebanyak 56 siswi dengan teknik cluster random sampling dan diuji menggunakan Mann Whitney. Instrumen penelitian yang digunakan BSQ-16 untuk mengetahui keadaan citra tubuh, EAT-26 untuk mengetahui perilaku makan dan food recall 1x24 jam untuk mengetahui rata-rata asupan energi. Hasil Penelitian : Tidak terdapat perbedaan yang signifikan (p-value 0,074) pada rata-rata asupan energi antara siswi dengan citra tubuh positif (1461,4 kkal) dan negatif (1186,4 kkal) dan terdapat perbedaan yang signifikan (p-value 0,006) pada perilaku makan antara siswi dengan citra tubuh positif (11,6) dan negatif (17,4). Kesimpulan : Tidak adanya perbedaan yang signifikan pada rata-rata asupan energi dan adanya perbedaan yang signifikan pada perilaku makan antara siswi yang memiliki citra tubuh positif dan negatif.
Abstrak (Inggris)Background : One of the factors that can cause nutritional problems in adolescents is body image. Someone with a negative body image perception will want an ideal body shape which causes a person to limit food intake and change eating behavior. This study aims to determine the average difference in energy intake and eating behavior in female students who have positive and negative body image. Methods : This study used a cross-sectional design, conducted at Darussalam Bekasi Islamic High School in February 2023. A sample of 56 students used the cluster random sampling technique and was tested using Mann Whitney. The research instruments used were BSQ-16 to determine body image, EAT-26 to determine eating behavior and 1x24 hour food recall to determine average energy intake. Research results : There was no significant difference (p-value 0.074) in the average energy intake between female students with positive (1461.4 kcal) and negative body image (1186.4 kcal) and there was a significant difference (p-value 0.006) in behavior eating between female students with positive (11.6) and negative (17.4) body image. Conclusion : There was no significant difference in the average energy intake and there was a significant difference in eating behavior between female students who had positive and negative body images.
Kata Kuncicitra tubuh, rata-rata asupan energi, perilaku makan
Nama Pembimbing 1Erna Kusuma Wati, S.KM., M.Si
Nama Pembimbing 2Pramesthi Widya Hapsari, S.K.M., M. Gizi
Tahun2023
Jumlah Halaman9
Page generated in 0.053 seconds.