View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)I1D018049
Nama MahasiswaMIRANTI ADINING TYAS
Judul ArtikelHUBUNGAN TEMAN SEBAYA DAN KETERSEDIAAN SAYUR DI SEKOLAH DENGAN PERILAKU KONSUMSI SAYUR PADA SISWA SMA ISLAM DARUSSALAM BEKASI
AbstrakLatar Belakang: Perilaku konsumsi sayur pada remaja dapat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya seperti teman sebaya dan ketersediaan sayur disekolah. Sekolah merupakan tempat dimana anak akan menghabiskan lebih banyak waktu diluar yang akan berdampak pada perilaku konsumsinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan teman sebaya dengan perilaku makan dan ketersediaan sayur di sekolah dengan perilaku makan. Metode: Menggunakan desain cross sectional dan dilaksanakan di SMA Islam Darussalam Bekasi pada bulan Januari 2023. Sampel sebanyak 67 siswa dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah Peer Influences on Children's Vegetable Questionnaire untuk mengetahui pengaruh dari teman sebaya, kuesioner ketersediaan sayur untuk mengetahui ada atau tidaknya ketersediaan sayur di sekolah dan Food Frequency Quetionnaire (FFQ) untuk mengetahui perilaku konsumsi sayur. Hasil Penelitian: Terdapat hubungan antara ketersediaan sayur di sekolah dengan perilaku konsumsi sayur (p-value=0,043) dan tidak terdapat hubungan antara teman sebaya dengan perilaku konsumsi sayur (p-value=0,294). Kesimpulan: Terdapat hubungan antara ketersediaan sayur di sekolah dengan perilaku konsumsi sayur dan tidak terdapat hubungan antara teman sebaya dengan perilaku konsumsi sayur.
Abstrak (Inggris)Background: Vegetable consumption behavior in adolescents can be influenced by the surrounding environment such as peers and the availability of vegetables at school. School is a place where children will spend more time outside which will have an impact on their consumption behavior. This study purpose to determine the relationship between peers with eating behavior and the availability of vegetables at school with eating behavior. Methods: This study used a cross-sectional design at SMA Islam Darussalam Bekasi in January 2023. A sample of 67 students used the cluster random sampling technique. The instruments used in this study were the Peer Influences on Children's Vegetable Questionnaire to determine the influence of peers, the vegetable availability questionnaire to determine whether or not vegetables were available at school and the Food Frequency Quetionnaire (FFQ) to determine vegetable consumption behavior. Research results: There is a correlation between the availability of vegetables at school and vegetable consumption behavior (p-value 0,043) and there is no correlation between peers and vegetable consumption behavior (p-value 0,294). Conclusion: There is a relationship between the availability of vegetables at school and vegetable consumption behavior and there is no relationship between peers and vegetable consumption behavior.
Kata KunciKetersediaan sayur disekolah, teman sebaya, perilaku makan, remaja
Nama Pembimbing 1Izka Sofiyya Wahyurin, S.Gz., M.P.H
Nama Pembimbing 2Widya Ayu Kurnia Putri, S.Gz., M.Si
Tahun2023
Jumlah Halaman8
Page generated in 0.0606 seconds.