View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)E1A018028
Nama MahasiswaMUHAMMAD FAUZAN ISMAN
Judul ArtikelTANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERHADAP KONSUMEN ATAS PEMASARAN VILLA YANG TIDAK SESUAI DENGAN KEADAAN SEBENARNYA BERDASARKAN UNDANG – UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi putusan PN Cibinong No 57/Pdt.G/2021/PN Cbi)
AbstrakTanggung jawab pelaku usaha dalam hukum perlindungan konsumen diatur dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Salah satu kasusnya adalah kasus PT. PUTRA ADHI PRIMA sebagai pelaku usaha yang telah melanggar hak, kewajiban serta perbuatan yang dilarang oleh pelaku usaha terhadap konsumen terkait dengan pemasaran villa yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Perbuatan yang dilakuka oleh pelaku usaha telah menimbulkan kerugian kepada konsumen karena memasarkan villa yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Konsumen Atas Pemasaran Villa Vimala Hills Yang Tidak Sesuai Dengan Keadaan Sebenarnya Berdasarkan Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian inventarisasi peraturan perundang-undangan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder dan bahan hukum tersier. Data yang diperoleh disajikan dengan teks naratif sistematis, dan metode analisis data yang digunakan adalah metode normatif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa kosnumen telah mendapatkan perlindungan hukum. Pelaku usaha telah melanggar ketentuan Pasal 4 huruf c, Pasal 7 huruf a dan huruf b, dan Pasal 19 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, serta Pasal 1320 dan 1365 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Dalam hal pertanggung jawaban PT. PUTRA ADHI PRIMA sebagai pelaku usaha harus bertanggungjawab untuk membayar ganti kerugian materiil sebesar Rp. 4.208.200.008,- dan membayar ganti rugi sebesar Rp. 5.112.963.009,- yang telah ditetapkan oleh Majelis Hakim berdasarkan hasil akhir Putusan PN Cibinong No 57/Pdt.G/2021/PN Cbi. Kata Kunci: Tanggung jawab, Pelaku Usaha, Konsumen, Villa
Abstrak (Inggris)The responsibilities of business actors in consumer protection law are regulated in Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection. One of the cases is the case of PT. PUTRA ADHI PRIMA as a business actor who has violated the rights, obligations and actions prohibited by business actors against consumers related to the marketing of villas that are not in accordance with the actual situation. The actions carried out by business actors have caused losses to consumers because they market villas that are not in accordance with the actual situation. This study aims to find out how the responsibility of business actors towards consumers for the marketing of Villa Vimala Hills is not in accordance with the actual situation based on Law No. 8 of 1999 concerning consumer protection. The method used in this study is normative juridical with research specifications inventory of statutory regulations. The data sources used are secondary data sources and tertiary legal materials. The data obtained is presented in a systematic narrative text, and the data analysis method used is qualitative normative method. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that consumers have received legal protection. The business actor has violated the provisions of Article 4 letter c, Article 7 letter a and letter b, and Article 19 of Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection, as well as Articles 1320 and 1365 of the Civil Code. In terms of the responsibility of PT. PUTRA ADHI PRIMA as a business actor must be responsible for paying material compensation of Rp. 4,208,200,008, - and paid compensation of Rp. 5,112,963,009, - which has been determined by the Panel of Judges based on the final decision of the Cibinong District Court No 57/Pdt.G/2021/PN Cbi. Keywords: Responsibility, Business Actor, Consumer, Villa
Kata KunciKata Kunci: Tanggung jawab, Pelaku Usaha, Konsumen, Villa
Nama Pembimbing 1M.I, Wiwik Yuni Hastuti, S.H., M.H.
Nama Pembimbing 2Krisnhoe Kartika W, S.H., M.Hum.
Tahun2023
Jumlah Halaman17
Page generated in 0.0562 seconds.