View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)J1E017032
Nama MahasiswaNAILA NURUL IZZAH
Judul ArtikelHigher Order Thinking Skills in Open-Ended Reading Exercises (A Content Analysis on a Course Book Entitled “English On Sky 3”)
AbstrakPenelitian ini mengkaji Higher Order Thinking dalam latihan membaca yang terdapat pada buku English on Sky 3 terbitan Erlangga tahun 2018 untuk siswa kelas 9 SMP. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah latihan membaca open-ended yang berasal dari English on Sky 3. Peneliti menentukan tingkat kognitif dari setiap pertanyaan bacaan menggunakan teori taksonomi Bloom yang telah direvisi mengenai enam tingkat kognitif. Distribusi masing-masing level kognitif kemudian dihitung dan dibandingkan untuk mengetahui distribusi HOTS secara keseluruhan dan level kognitif HOTS mana yang paling dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 158 soal bacaan terbuka (3,80%) terdapat 6 soal yang tergolong HOTS, sedangkan 152 dari 158 soal bacaan (96,20%) termasuk dalam kategori LOTS. Tingkat kognitif yang paling dominan adalah level menganalisis dengan distribusi 5 dari 6 soal (83,3%). Level mengevaluasi hanya memperoleh 1 dari 6 pertanyaan (16,7%), dan level mencipta tidak memiliki distribusi. Kesimpulannya, distribusi HOTS lebih rendah dari LOTS, menunjukkan bahwa latihan membaca open-ended dalam Bahasa Inggris di Sky 3 tidak cukup untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Abstrak (Inggris)This research examines Higher Order Thinking in reading exercises available on a course book entitled English on Sky 3 published by Erlangga in 2018 for grade 9 students of Junior High Schools. This research is qualitative by using the content analysis method. The data used in this research were open-ended reading exercises derived from the English on Sky 3. The researcher determined the cognitive level of each reading question using the revised bloom's taxonomy theory regarding six cognitive levels. The distributions of each cognitive level were then calculated and compared to find out the overall distribution of HOTS and which HOTS cognitive level is most dominant. The results showed that there were 6 out of 158 open-ended reading questions (3.80%) belonged to HOTS, while 152 out of 158 reading questions (96.20%) belonged to LOTS. The most dominant cognitive level was Analyzing with the distribution of 5 out of 6 questions (83.3%). Evaluating level acquired only 1 of 6 questions (16.7%), and Creating level had no distribution. In conclusion, the distribution of HOTS is lower than LOTS, demonstrating that the open-ended reading exercises in English on Sky 3 are insufficient to develop students' critical thinking skills.
Kata Kuncicontent analysis, higher order thinking skill, reading exercises, course book
Nama Pembimbing 1Dian Adiarti, S.pd., M.Hum
Nama Pembimbing 2Mustasfya Thabib Kariadi, S.Pd., M. Pd
Tahun2023
Jumlah Halaman8
Page generated in 0.0594 seconds.