View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1A018038
Nama MahasiswaFAHIRA AZALIA AZZAHRA
Judul ArtikelEfisiensi Pemasaran Kedelai (Glycine max L.) di Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
AbstrakKedelai merupakan komoditas tanaman pangan terpenting ketiga setelah padi dan jagung. Kedelai berperan sebagai sumber protein nabati yang sangat penting dalam rangka peningkatan gizi masyarakat, karena selain aman bagi kesehatan juga relatif murah dibandingkan sumber protein hewani sehingga konsumsi kedelai akan meningkat setiap tahunnya. Kecamatan Kebasen merupakan salah satu sentra penghasil kedelai tertinggi di Kabupaten Banyumas. Namun, berfluktuasinya harga kedelai dipasaran menyebabkan rendahnya keuntungan yang diperoleh petani kedelai dan juga panjangnya saluran pemasaran menyebabkan terjadinya perbedaan harga yang cukup jauh antara petani dengan konsumen akhir. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pola saluran pemasaran kedelai di Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen, (2) Menghitung margin pemasaran kedelai dan bagian harga yang diterima petani kedelai (farmer’s share) pada masing-masing saluran pemasaran di Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen, (3) Menghitung persentase biaya pemasaran dan keuntungan, dan (4) Menganalisis efisiensi pemasaran kedelai di Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2022. Lokasi penelitian ditentukan dengan secara purposive di Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Hal ini didasarkan atas pertimbangan bahwa desa tersebut merupakan desa yang paling banyak memproduksi kedelai di Kecamatan Kebasen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Rancangan pengambilan sampel petani dilakukan dengan metode simple random sampling dan diperoleh 67 petani, sedangkan pengambilan sampel lembaga pemasaran dengan metode snowball sampling sehingga diperoleh 3 tengkulak, 7 home industri, dan 3 pedagang pengecer. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk menganalisis saluran pemasaran, margin pemasaran, farmer’s share, persentase biaya pemasaran, persentase keuntungan, indeks efisiensi teknis, dan indeks efisiensi ekonomis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 saluran pemasaran kedelai di Desa Kalisalak yaitu Saluran Pemasaran 1 : Petani – Tengkulak – Home Industri – Pedagang Pengecer – Konsumen, Saluran Pemasaran 2 : Petani – Tengkulak – Home Industri – Konsumen, Saluran Pemasaran 3 : Petani – Home Industri – Pedagang Pengecer – Konsumen, dan Saluran Pemasaran 4 : Petani – Home Industri – Konsumen. Saluran pemasaran IV merupakan saluran pemasaran yang paling efisien, karena berdasarkan perhitungan margin pemasaran memiliki nilai margin tekecil yaitu sebesar Rp3.542 per kg kedelai, memiliki nilai farmer’s share terbesar yaitu sebesar 67,52 persen, memiliki persentase biaya pemasaran terkecil yaitu sebesar 44,27 persen, dan persentase keuntungan terbesar yaitu sebesar 55,73 persen. Saluran pemasaran IV juga memiliki nilai indeks efisiensi teknis terkecil yaitu Rp0,43/kg/km dan memiliki nilai indeks efisiensi ekonomis terbesar yaitu Rp1,26/kg.
Abstrak (Inggris)Soybean is the third most important food crop commodity after rice and corn. Soybean acts as a very important source of vegetable protein in the context of improving people's nutrition, because apart from being safe for health it is also relatively cheap compared to animal protein sources so soy consumption will increase every year. Kebasen District is one of the highest soybean producing centers in Banyumas Regency. However, the fluctuation of soybean prices in the market causes low profits for soybean farmers and the length of the marketing channel causes a large price difference between farmers and final consumers. This study aims to: (1) Know the pattern of soybean marketing channels in Kalisalak Village, Kebasen District, (2) Calculate soybean marketing margins and the price share received by soybean farmers (farmer's share) in each marketing channel in Kalisalak Village, Kebasen District , (3) Calculating the percentage of marketing costs and profits, and (4) Analyzing the efficiency of soybean marketing in Kalisalak Village, Kebasen District. The research was conducted in November 2022. The research location was determined purposively in Kalisalak Village, Kebasen District, Banyumas Regency, Central Java. This is based on the consideration that this village is the village that produces the most soybeans in Kebasen District. The research method used is survey method. The sampling design for farmers was carried out using the simple random sampling method and obtained 67 farmers, while the marketing institution samples were taken using the snowball sampling method to obtain 3 middlemen, 7 home industries, and 3 retailers. Data analysis used in this study is descriptive analysis to analyze marketing channels, marketing margins, farmer's share, marketing cost percentage, profit percentage, technical efficiency index, and economic efficiency index. The results showed that there were 5 marketing channels for soybeans in Kalisalak Village, namely Marketing Channel 1: Farmers – Middlemen – Home Industry – Retailers – Consumers, Marketing Channels 2: Farmers – Middlemen – Retailers – Consumers, Marketing Channels 3: Farmers – Middlemen – Home Industry - Consumers, Marketing Channel 4 : Farmers - Home Industry - Retailers - Consumers, and Marketing Channel 5 : Farmers - Home Industry - Consumers. Marketing channel IV is the most efficient marketing channel, because based on marketing margin calculations it has the smallest margin value of Rp3.542 per kg of soybeans, has the largest farmer's share value of 67,52 percent, has the smallest marketing cost percentage of 44,27 percent, and the largest percentage of profits that is equal to 55,73 percent. Marketing channel IV also has the smallest technical efficiency index value of Rp0,43/kg/km and has the largest economic efficiency index value of Rp1,26/kg.
Kata Kuncikedelai, efisiensi pemasaran, saluran pemasaran
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Agus Sutanto, M.P.
Nama Pembimbing 2Ir. Tatang Widjojoko, M.P.
Tahun2023
Jumlah Halaman76
Page generated in 0.1081 seconds.