View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)E1A006080
Nama MahasiswaPRASETYO HARIBOWO
Judul Artikeltindak pidana melakukan pencurian dengan pemberatan (tinjauan yuridis terhadap putusan perkara Pengadilan Negeri Purwokerto Nomor 69/Pid.B/2012/PN.Pwt
AbstrakABSTRAK Akhir-akhir ini di Propinsi Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Banyumas terdapat kecenderungan meningkatnya kasus kejahaan terhadap pencurian kendaraan bermotor (Curanmor). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah hakim sudah menerapkan unsur-unsur yang terkandung dalam tindak pidana melakukan pencurian dengan pemberatan dalam memutus putusan perkara pengadilan negeri purwokerto no: 69/Pid.B/20012/PN.Pwt sebagaimana diatur dalam Undang-undang. Guna mencapai tujuan tersebut dan memperoleh data, maka penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normative dan memilih lokasi penelitian di Pengadilan Negeri Purwokerto. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini data sekunder. Data sekunder dalam penelitian ini meliputi peraturan perundang-undangan, buku-buku literatur, dokumen dan arsip atau haisl penelitian terdahulu yang berkaitan dengan obyek atau materi penelitian dan Putusan Pengadilan Negeri Purwokerto No.69/Pid.B/2012/PN.Pwt. Spesifikasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis yaitu. penelitian yang menggambarkan keadaan dari obyek atau masalahnya yang akan diteliti juga dengan keyakinan-keyakinan tertentu, mengambil kesimpulan-kesimpulan umum dari bahan-bahan mengenai obyek masalahnya. Hasil penelitian ini dapat terlihat bahwa bahwa hakim yang telah memeriksa,mengadili dan memutus perkara tersebut sudah sesuai dengan apa yang diatur dalam Undang-undang dan tunsur-unsur yang terkandung dalam pasal 363 ayat (1) ke-5 KUHP telah terpenuhi dalam putusan perkara nomor 69/Pid.B/2012/PN.Pwt.
Abstrak (Inggris)Lately in the Province of Central Java in particular in Banyumas kejahaan there is a tendency towards increasing cases of theft of motor vehicles (curanmor). The research was conducted in order to determine whether the judge is to apply the elements contained in the crime of theft by weighting in deciding court cases ruling purwokerto no: 69/Pid.B/20012/PN.Pwt as stipulated in the Act. In order to achieve these goals and acquire the data, this study uses normative juridical approach and chose research sites in Navan District Court. Sources of data used in this study secondary data. Secondary data in this study include legislation, literature books, documents and records or haisl previous research related to the object or material research and No.69/Pid.B/2012/PN.Pwt Navan District Court Decision. Specification of research used in this study is the descriptive analysis. research that describes the state of the object or the problem to be studied also with certain beliefs, taking the general conclusions from these materials about the problem object. The results of this study can be seen that the judge has to examine, hear and decide the case in accordance with what is stipulated in the Act and tunsur elements contained in Article 363 paragraph (1) to-5 of the Criminal Code have been met in the case decision number 69/Pid.B/2012/PN.Pwt.
Kata Kuncitindak pidana melakukan pencurian dengan pemberatan
Nama Pembimbing 1Haryanto Dwiatmodjo SH., MHUm
Nama Pembimbing 2DR. Budiyono SH., MHUM
Tahun2012
Jumlah Halaman16
Page generated in 0.0496 seconds.