View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1C008025
Nama MahasiswaDERYA FITRIYANI
Judul ArtikelPenerapan Strategi Bauran Pemasaran Jeniper Sirup dan Fresh Drink pada CV Mustika Flamboyant Kabupaten Kuningan
AbstrakKecamatan Ciawigebang merupakan sentra produksi minuman sirup di Kabupaten Kuningan. Hal ini ditunjukan dengan berkembangnya perusahaan yang mengelola jeruk nipis dikawasan ini, salah satunya adalah CV Mustika Flamboyant. Adanya pesaing dalam bidang usaha yang sama yaitu jeruk nipis peras, maka diperlukan strategi keunggulan bersaing yaitu dengan melakukan kegiatan pemasaran yang efektif. Pengambilan keputusan di bidang pemasaran hampir selalu berkaitan dengan variabel-variabel bauran pemasaran (marketing mix). Agar perusahaan dapat meningkatkan laba, maka upaya untuk menjual barang dengan tepat dan cepat adalah melalui kegiatan bauran pemasaran. Oleh karena itu, penilitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran yang telah diterapkan oleh CV Mustika Flmboyant. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan menerapkan strategi bauran pemasaran dalam memasarkan produknya guna meningkatkan penjualan Jeniper. Adapun startegi bauran pemasaran yang diterapkan perusahaan yaitu; (1) produk meliputi merk, kualitas, fungsi, varian produk, kemasan, dan label, (2) harga meliputi kesesuaian harga berdasarkan varian produk, harga ekonomis, potongan harga, dan syarat pembayaran, (3) distribusi meliputi saluran distribusi dan lembaga saluran ditribusi, (4) promosi meliputi publisitas, personal selling, dan promosi penjualan.
Abstrak (Inggris)Sub-district Ciawigebang a beverage syrup production center in Kuningan regency. This is evidenced by the development company lime processing this region, one of which is the CV Mustika Flamboyant. The existence of competitors in the same business that is lime juice, it requires a strategy of competitive advantage namely the effective marketing activities. Decision making in marketing is almost always associated with marketing mix variables. For the company to increase profits, then attempt to sell the goods properly and quickly is through the marketing mix. Therefore, The studies aimed to determine the marketing mix strategies that have been implemented by CV Mustika Flmboyant. The method of data analysis is descriptive data analysis. The results showed that the company's marketing mix strategy in marketing their products in order to increase sales Jeniper. The strategy adopted corporate marketing mix, namely: (1) products include brands, quality, function, variant products, packaging, and labeling, (2) the price includes the price of conformity based on product variants, economically priced, discounted rates, and payment terms, (3) the distribution channels of distribution include distribution of channels and institutions, (4) promotion includes publicity, personal selling, and sales promotion.
Kata KunciStrategi Bauran Pemasaran, Produk, Harga, Distribusi, Promosi
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Anisur Rosyad, M.S.
Nama Pembimbing 2Ir. Djaniah Windiastuti, M.Si.
Tahun2013
Jumlah Halaman12
Page generated in 0.0693 seconds.