View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1C008083
Nama MahasiswaMATIINA PASAMOETRI SEKARPURI
Judul ArtikelPERANAN KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN LIUR WALET DI WILAYAH KARANG BOLONG,KEBUMEN
Abstrak Pemasaran memiliki peranan dalam meningkatkan penjualan. Proses pemasaran tidak terlepas dari komunikasi yang dibangun, ketika pemasaran berlangsung maka proses komunikasi juga berlangsung karena terdapat kesinambungan antara keduanya. Sama halnya dengan penjualan liur walet di Kebumen, dimana penjualan liur walet dapat mengalami peningkatan salah satunnya dipengaruhi adanya komunikasi pemasaran. Dalam menjalankan komunikasi pemasaran tersebut, dibutuhkan adanya strategi pemasaran dan bauran pemasaran yang termasuk didalamnya. Oleh karenanya perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui peranan komunikasi pemasaran, dengan memahami strategi pemasaran dan bauran pemasaran dalam penjualan liur walet di wilayah Kebumen. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Data yang diperoleh berupa data dari wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi yang berupa triangulasi sumber Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran komunikasi pemasaran dalam meningkatkan penjualan sarang burung walet menggunakan konsep dari komunikasi pemasaran yang didalamnya terdapat strategi pemasaran dan bauran pemasaran. Dengan strategi pemasaran berupa direct selling, penjualan tatap muka dan promosi penjualan. Serta bauran pemasaran yang didasarkan pada konsep 16 P.
Abstrak (Inggris)THE ROLE OF MARKETING COMMUNICATIONS IN INCREASING SALES OF SALIVA OF SWALLOW IN THE KARANGBOLONG, KEBUMEN REGION Marketing have an important role in increasing of sales. The process of marketing it self is inseperable with developed of communications, simultaneous with the sales activity they also developed marketing communication. One and other it can not be seperated. In the case of saliva of swallow in Kebumen area, the marketing communication is made an important role in increasing sales of the saliva of swallow. Increasing of the marketing it self have a good impact of the sales. In carrying such marketing communications, it is need a marketing strategy including the marketing mix . Therefore it is necessary to investigate the role of marketing communications by understanding the marketing strategy and marketing mix in sales of saliva of swallow in Kebumen region. This study applied a qualitative approach with descriptive research method. Selection of people who have information is using purposive sampling. Data obtained is data from in-depth interviews, observation and documentation. The type of data used is primary data and secondary data. Analysis of the data is data reduction, data presentation, and conclusion. The validity of the data was done by using a triangulation technic which is including triangulation source. Results from the research showed that the sales of the saliva of swallow using the concept of marketing communication in which including marketing strategies and the marketing mix. Wich marketing strategies with is include direct selling, personal selling and sales promotion and then promotion mix based from the concept of 16 P.
Kata Kunci Komunikasi Pemasaran, Sarang Burung Walet
Nama Pembimbing 1Agus Ganjar Runtiko, M.Si
Nama Pembimbing 2Dr. M. Sulthan, M.Si
Tahun2013
Jumlah Halaman106
Page generated in 0.0542 seconds.