View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1B008100
Nama MahasiswaDEKA AGUS SETIANA
Judul ArtikelKEMITRAAN MASYARAKAT DAN PERHUTANI DALAM PENGELOLAAN SUMBERDAYA HUTAN (STUDI DI LEMBAGA MASYARAKAT DESA HUTAN (LMDH) WANA BAKTI LUMBIR)
AbstrakBeberapa langkah telah dilakukan oleh pemerintah dalam memulihkan sumber daya hutan hutan sekaligus peningkatan kesejahteraan masyarakat yang tinggal disekitar hutan. Guna menjaga kelestarian hutan pemerintah melibatkan masyarakat untuk memperbaiki kualitas sumberdaya hutan sekaligus membantu masyarakat dalam kesejahteraan. Salah satu obyek dalam penelitian ini yaitu di Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Bakti di desa Lumbir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan secara mendalam mengenai pola kemitraan yang terjalin antara masyarakat LMDH Wana Bakti dengan Perhutani dalam mengelola sumber daya hutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan di Desa Lumbir. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pemahaman akan masyarakat yang tergabung dalam LMDH Wana Bakti masih begitu kurang, karena latar pendidikan yang rendah sehingga partisipasi dalam pengambilan keputusan masih pasif dan masyarakat masih menjadi obyek dari kegiatan ini. Namun sejauh ini meskipun ada beberapa kendala tetapi keamanan hutan terjaga dan adanya peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat desa hutan. Kata kunci : kemitraan, masyarakat, pengelolaan sumberdaya hutan.
Abstrak (Inggris)Several measures have been undertaken by the government in restoring of forest resources as well as improving the welfare of forest communities living around the forest. To preserve the governments involve the community forest to improve the quality of forest resources as well as helping people in welfare. One object of this research is in the Forest Village Community Institution (LMDH) in the village of Wana Bakti Lumbir. The purpose of this study is to find out and describe the depth of the partnership that exists between the people of Wana Bakti LMDH with Perhutani in managing of forest resources and improve the welfare of forest communities in the village Lumbir. The research method in this research is descriptive qualitative research method. Informant selection techniques using purposive sampling and snowball sampling. Techniques of data collection using in-depth interviews, observation and documentation. The results of this study is that the understanding of the people who joined in Wana Bakti LMDH still so less, because of low educational background so that participation in decision-making still remains passive and the object of this activity. But so far although there are some problems but maintained forest security and an increase in welfare for the forest villagers.
Kata Kuncimanagement of forest resources. partnership, society,
Nama Pembimbing 1Dr. Slamet Rosyadi, M.Si
Nama Pembimbing 2Hikmah Nuraeni, MPA
Tahun2013
Jumlah Halaman9
Page generated in 0.0772 seconds.