View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1C009115
Nama MahasiswaNUR AIDA
Judul ArtikelFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) ATAS KESIAPAN PENERAPAN SAK ETAP (Studi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Banyumas)
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atas kesiapan penerapan SAK ETAP dan variabel mana yang berpengaruh paling signifikan. Faktor-faktor tersebut antara lain pengetahuan akuntansi, pengalaman dalam informasi akuntansi, minat dan motivasi. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM yang bergerak di bidang perdagangan yang terdaftar di Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Banyumas serta memiliki Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) menengah. Sampel penelitian ini berjumlah 57 UMKM di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey dengan menggunakan kuesioner sebagai sumber data utama. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan akuntansi, pengalaman dalam informasi akuntansi, minat dan motivasi berpengaruh terhadap persepsi kesiapan penerapan SAK ETAP. Pengalaman dalam informasi akuntansi merupakan variabel yang paling berpengaruh signifikan terhadap persepsi kesiapan penerapan SAK ETAP di Kabupaten Banyumas. Implikasi dari penelitian ini adalah meningkatkan minat dan motivasi pelaku UMKM agar terus berupaya mempelajari SAK ETAP guna memberikan pemahaman mengenai pentingnya fungsi dan kegunaan SAK ETAP bagi kelangsungan usaha. Untuk mendukung upaya ini, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Banyumas dapat turut serta berperan aktif dalam memberikan pelatihan akuntansi serta sosialisasi tentang pengetahuan dan penerapan SAK ETAP secara memadai kepada para pelaku UMKM.
Abstrak (Inggris) This research aims to determine the factors that influence the perception of the perpetrators of Micro, Small and Medium Enterprises (SMEs) on the readiness of the implementation of SAK ETAP and which variables are the most significant influence. The factors are accounting knowledge, experience in accounting information, interest and motivation. The population in this research is trading SMEs listed in the Department of Industry, Trade and Cooperatives Banyumas and have a medium Trade Business License. Sample size was 57 SMEs in Banyumas. This research is quantitative survey method using questionnaires as the main data source. The analytical tool used is multiple regression analysis. Based on the test results it can be concluded that the accounting knowledge, experience in accounting information, interest and motivation affect the perception of the readiness of the implementation of SAK ETAP. Experience in accounting information is the variable that most significantly influence the perception of SAK ETAP implementation readiness in Banyumas. The implication of this research is to increase the interest and motivation of SMEs in order to continue to learn SAK ETAP in order to provide an understanding of the importance and usefulness of SAK ETAP functions for business continuity. To support this effort, the Department of Industry, Trade and Cooperatives Banyumas can participate actively in providing accountancy training, dissemination of knowledge and the application of SAK ETAP to the SMEs.
Kata KunciKata kunci: Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman dalam Informasi Akuntansi, Minat, Motivasi, Persepsi Kesiapan Penerapan SAK ETAP.
Nama Pembimbing 1Dra. Hj. Atiek Sri Purwati, M.Si, Ak.
Nama Pembimbing 2Rini Widianingsih, SE, M.Acc, Ak
Tahun2013
Jumlah Halaman11
Page generated in 0.0589 seconds.