View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1C008038
Nama MahasiswaWULAN PRIANTIKA
Judul ArtikelEFISIENSI PEMASARAN BERAS ORGANIK (Kasus Kelompok Tani Binaan Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman Di Kecamatan Sumbang Dan Sokaraja Kabupaten Banyumas)
AbstrakBeras organik merupakan salah satu komoditas pertanian yang sedang digalakan di Kabupaten Banyumas.Kelompok tani “Maju Jaya” dan “Rahayu” masing-masing di Desa Susukan dan Sokaraja Lor merupakan kelompok tani yang berusahatani beras organik dengan binaan Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman. Banyaknya lembaga pemasaran yang terlibat akan mempengaruhi panjang pendeknya rantai pemasaran dan besarnya biaya pemasaran.Penelitian ini bertujuan untuk : (1)mengidentifikasi saluran pemasaran beras organik di Kabupaten Banyumas, (2)menghitung besarnya marjin pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran beras organik, (3) mengitung farmer’s share, persentase bagian keuntungan (profit share) pada masing-masing saluran pemasaran beras organik.(4) menghitung efisiensi teknis dan efisiensi ekonomis saluran pemasaran beras organik. Metode yang diakukan dalam penentuan responden petani menggunakan metode sensus dan penentuan sampel pedagang ditentukan dengan Snowball Sampling.Responden petani sebanyak 24 responden sedangkan sampel pedagang sebanyak 4 responden. Analisis data yang digunakan terdiri dari:(1)Analisis Marjin Pemasaran, (2) Farmer’s share dan (3) Analisis Efisiensi Teknis dan Ekonomis. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran beras organik yaitu saluran I (petani – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen), saluran II ( petani – pedagang pengumpul – konsumen) dan saluran III (petani – konsumen ). Marjin pemasaran terbesar terdapat pada saluran 1 dan 2 sebesar Rp7.971,7/kg. Bagian harga yang diterima petani(farmer’s share) yang terbesar yaitu pada saluran 3 sebesar 100 persen. Biaya pemasaran terkecil yakni pada saluran pemasaran 3 yaitu Rp794,2/kg. Persentase keuntungan terbesar terdapat pada saluran pemasaran 3 yaitu sebesar 82,23 persen. Saluran pemasaran 3 merupakan saluran yang efisien secara teknis dan efisien secara ekonomis.
Abstrak (Inggris)Organic rice is one of commodities agriculture that held in Banyumas regency. “Maju Jaya” and “Rahayu” farmer groups each in Susuk an and Sokaraja Lor that’s production organic ricethatassisted by agricultural faculty jendral sudirman university . Number of mark eting agencies 2 that are involved will affect the short -term mark et chain and the cost of mark eting. This research ai ms to: (1)identify organic rice mark eting channels in Banyumas Regency (2) Calculating the margin mark eting of organic rice in the Susukan Village District of Sumbang and Sok araja Lor Village District Sok araja Regency of Banyumas, (3) Calculating the perce ntage of cost,profit and the price received by farmers(farmer’s share), (4)analizing the technical efficiency and economic efficiency of organic rice mark et channels in Susukan Village District of Sumbang and Sok araja Lor Village District Sokaraja Regency of Banyumas.The method that used in this research is determination of respondent farmers use Sensus and sampling methods determined by Snowball Sampling merchants. Respondent of farmer is 24 respondents and traders 4 respondents. The analysis of data used consist of: (1)analysis of mark eting margins,(2) Analysis of farmer’s share, cost share and profit share, (3) Analysis of technical and economic efficiency. The results is there are three k inds of org anic rice mark eting that is channel I (farmer-wholesalers-retailers-consumers), channel II (farmer-wholesalers-consumers),channel III (farmer-consumers) . Most of the mark eting margin on channel 1 and 2 of Rp7.971,7/kg .Part of the price recei ved by farmers (farmers share) of the most ma jor three isthe mark eting channels of 100 percent. The smallest price of mark eting cost in mark eting channel 3 is Rp794,2/kg . The largest percentage gains in the mark eting channel 3 is 82,23 percent. Mark eting channel 3 is the most efficient that are technically and economically .
Kata KunciKata kunci : efisiensi pemasaran , beras organik, Kabupaten Banyumas.
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Suyono, M.S
Nama Pembimbing 2Ir. Dwi Purwastuti, M.Si
Tahun2013
Jumlah Halaman16
Page generated in 0.059 seconds.