View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1F007184
Nama MahasiswaUMI FARIDA
Judul ArtikelA Descriptive Study of Information Gaps Activity In Speaking Skill Classes of Eighth Grade Students in SMP PEMDA 2 KesugihanCilacap Academic Year 2012/2013
Abstrak Speaking merupakan kemampuan dalam memproduksi bahasa dalam bentuk suara, Brown (1994: 103). Tujuan dari pembelajaran bahasa inggris adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam mengexpresikan dirinya dan menyerap pesan dalam bahasa inggris. Kemampuan speaking yang harus dikuasai adalah: ketepatan intonasi, tata bahasa, kosa kata, penggunaan bahasa dan pemahaman bahasa yang digunakan. Elemen tersebut merupakan tolak ukur kemampuan speaking. Untuk mencapai tujuan tersebut, sebagian besar guru bahasa inggris mengalami kesulitan dalam penerapan pembelajarannya. Teknik pembelajaran yang yang tepat diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. IGA di rekomendasikan sebagai aktivitas yang dapat mengatasi masalah tersebut. Information Gaps activity (IGA) adalah aktivitas pemebelajaran yang menggunakan teknik kelompok atau berpasangan dimana siswa dapat bertukat pikiran dan informasi untuk memecahkan masalah. Observasi pendahuluan pada siswa SMP PEMDA 2 Kesugihan cilacap memperlihatkan bahwa sebagian besar siswa masih sedikit menguasai kosa kata bahasa inggris dan belum mampu menerapkan tata bahasannya dalam kalimat maupun percakapan dengan tepat. Penguasaan intonasi bahasa dan pemahaman kalimat juga masih lemah. Disamping itu, siswa merasa malu dan takut saat mereka berbicara bahasa inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitative yang bertujuan untuk menjawab permaslahan yang di kemukakan dalam rumusan masalah penelitian. Penelitian ini di lakukan dalam 10 kali pertemuan. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah interview, questionnaire, dan observasi. Data kemudian diolah dan di kemukakan menggunakan penjelasan deskriptif. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa Information gaps activity memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan speaking siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan penguasaan grammar, pronunciation, vocabulary, fluency dan comprehension. Disamping itu dari penelitian ini dapat dibuktikan kelebihan dari penggnaan information gaps activity yaitu: dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa, meningkatkan motivasi siswa, meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara bhasa inggris, serta dapat meningkatkan interaksi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran bahasa inggris. Disamping itu ada beberapa kelemahan information gaps activity yang harus diperhatikan yaitu: kondisi kelas yang menjadi ramai dan gaduh, banyak waktu yang terbuang, siswa cenderung bosan dengan pembelajaran yang sama serta siswa sering mengabaikan materi yang diberikan. Pembelajaran yang terstruktur dan terencana dengan baik akan meminimalisir kelemahan IGA. Kemampuan guru dalam penguasaan kelas dapat mengatasi kegaduhan siswa. Dismping itu, instruksi yang diberikan harus jelas sehingga penerapan IGA dapat berjalan dengan baik dan kelemahan yang muncul dapat diminimalisir.
Abstrak (Inggris)Farida, Umi 2013.A Descriptive Study of Information Gaps Activity In Speaking Skill Classes of Eighth Grade Students in SMP PEMDA 2 KesugihanCilacapAcademic Year 2012/2013Supervisor 1 Drs. Ashari, M.Pd Supervisor 2 Dian Adiarti, S.Pd. M.HumExternal examinerTutiPurwati, S.S. M.Pd. English language and literature study program, department of human, , social and political sciences faculty,jenderalsoedirman university, Purwokerto. Key words: Speaking Skill, Information Gaps, Descriptive Study Speaking is a skill in producing oral language, Brown (1994: 103). The aim of teaching speaking is the students able to speak the language fluently. The communicative competences of speaking are: pronunciations, grammar, vocabulary, fluency, accuracy, comprehension and gesture. These elements are needed to measure the capability of the students in speaking. For enriching the objectives, most of English teacher faced some obstacle to reach the destination. The appropriate technique and activities was needed for enrich the target language. The information Gaps activity (IGA) was recommended for teaching speaking skill to overcome situation. IGAis an activity in groups and pairs where the learners share information in order to solve a problem, gather information or make decisions (Rees, 2005: 156). Preliminary observation was conducted in SMP PEMDA 2 KesugihanCilacap show that the most of students still lack vocabulary and have not be able to used grammar rule appropriately. The students’ pronunciation and fluency was also still weak and need encouragement. Besides, the students felt shy and unconfident when they speak English. The research used descriptive qualitative method. The action was cried out in tenth meeting. The researcher took the data through interview, questionnaire and observation. The data was presented trough descriptive explanation The result of this study showed that IGA give positive influence toward students’ speaking ability. It can be seen from the improvement of students’ pronunciation, grammar, vocabulary, fluency and comprehension. Besides, the implementations of IGA give some advantages in teaching learning process. Those are: increasing students’ motivation, enhancing students’ confidence in speaking, and improving students’ interaction and participation. Furthermore, the implementations of IGA also give some disadvantages that should be attention. Some other things are: the class more noisy and difficult to handle, the activity tend time consuming, students bored in activity, the students neglected the material. For minimize the weakness of the teacher should prepare the activity well. The teacher ability to handle the class will overcome the students noisy. Furthermore, the instruction given should be clear and appropriately. The better preparation before teaching will minimize the weakness of the information gaps technique.
Kata KunciSpeaking Skill, Information Gaps Activity.Descriptive qualitatif.
Nama Pembimbing 11. Drs. Ashari, M.Pd
Nama Pembimbing 22. DianAdiarti, S.Pd, M.Hum
Tahun2013
Jumlah Halaman14
Page generated in 0.0588 seconds.