View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)H1L008065
Nama MahasiswaARIEF ICHWANI
Judul ArtikelRANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNTUK MENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENJURUSAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SMART (STUDI KASUS DI SMAN 12 BANDAR LAMPUNG)
AbstrakSistem Informasi Akademik (SIA) merupakan sebuah sistem informasi yang digunakan untuk mengolah data-data yang berkaitan dengan informasi akademik yang meliputi data biodata siswa, biodata guru, nilai siswa, mata pelajaran, jurusan, dan lain sebagainya. Setiap anggota atau pengguna mempunyai tingkat akses yang berbeda-beda terhadap SIA. Tingkat akses yang dimaksud disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat kepentingan dari masing-masing pengguna sistem. Dalam perkembangannya, kebutuhan akademik menjadi lebih kompleks dikarenakan dengan tuntutan kemajuan jaman. Salah satu kebutuhan akademik guna menunjang prestasi akademik maupun peningkatan kualitas pelayanan adalah penggunaan sistem informasi akademik untuk mendukung pengambilan keputusan penjurusan siswa sekolah menengah atas Kelas X yang didasarkan pada kriteria-kriteria tertentu. Hal ini tentunya akan mempersulit baik siswa maupun guru dalam menentukan pilihan yang tepat sesuai dengan kemampuan dan keinginan siswa. Masalah ini tergolong ke dalam masalah yang bersifat multiobjective (banyak tujuan yang ingin dicapai), dan multicriterias (ada beberapa kriteria yang menentukan dalam mencapai keputusan tersebut). Banyak metode sistem pendukung keputusan yang dapat membantu permasalahan penjurusan siswa sekolah menengah atas, salah satu metode tersebut adalah Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique). Metode SMART merupakan metode pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah penentuan pilihan yang bersifat multiobjective diantara beberapa kriteria. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini akan dibangun ”Sistem Informasi Akademik Untuk Mendukung Pengambilan Keputusan Penjurusan Siswa Sekolah Menengah Atas Dengan Menggunakan Metode SMART (Studi Kasus di SMAN 12 Bandar Lampung)”. Sistem informasi akademik ini akan dibangun berbasiskan web dengan menggunakan PHP dan MySQL.
Abstrak (Inggris)Academic information system is an information system which is used to process the academic information data including student’s and teacher’s biography, student’s score, the lessons, the placement, and etc. Each user has different access level on academic information system. The access level is set to the needs and the interest of each user. Nowadays, academic needs become more complex because of the demands of the growth era. One of the academic needs to support the academic achievement and the improvement of service quality is the application of academic information system to support the decision making of placement to the 10th grade students of senior high school, based on certain criteria. It will complicate neither the students nor the teachers in determining the right choice according to student’s ability and desire. This problem is categorized as a multi-objective and multi-criteria problem. Many decision-supporting system methods can solve the problem of student’s placement; one of them is SMART Method (Simple Multi Attribute Rating Technique). SMART Method is a decision-making method to solve the problem in determining the multi-objective choice in several criteria. Therefore, in this final assignment will be built “Academic Information System to Support the Decision Making of Placement of Senior High School Students by Using SMART Method (Case Study at SMAN 12 Bandar Lampung)”. This System will be built using a web based PHP and MySQL.
Kata KunciMetode SMART, Penjurusan SMA, Sistem Pendukung Keputusan, Sistem Informasi Akademik
Nama Pembimbing 1Drs. Eddy Maryanto, M.Cs
Nama Pembimbing 2Bangun Wijayanto, ST., M.Cs
Tahun2013
Jumlah Halaman15
Page generated in 0.0498 seconds.