View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1C009122
Nama MahasiswaALIFATUN SANI NUR FATIKHAH
Judul ArtikelPERSEPSI NASABAH ATAS PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEMBERIAN KREDIT (Studi Pada Bank Umum Pemerintah Kantor Cabang Purwokerto)
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan prinsip-prinsip good corporate governance terhadap kualitas pelayanan pemberian kredit berdasarkan persepsi nasabah pada Bank Umum Pemerintah Kantor Cabang Purwokerto. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel independen dan variabel dependen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah prinsip-prinsip good corporate governance yang terdiri dari lima prinsip, yaitu prinsip transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kemandirian, dan kewajaran. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan pemberian kredit terdiri dari lima dimensi, yaitu kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan keberwujudan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari persepsi nasabah kredit sebagai responden atas pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS 17 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan analisis regresi berganda dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan prinsip transparansi berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas pelayanan pemberian kredit, (2) penerapan prinsip akuntabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas pelayanan pemberian kredit, (3) penerapan prinsip pertanggungjawaban berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas pelayanan pemberian kredit, (4) penerapan prinsip kemandirian tidak berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pemberian kredit, dan (5) penerapan prinsip kewajaran berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas pelayanan pemberian kredit.
Abstrak (Inggris)This research is to analyze the influence of application principles of good corporate governance on service credit quality based on debitor perseption at Commercial Bank Branch Purwokerto. This research uses two variables, they are independent variables and dependent variable. Independent variables in this research are the principles of good corporate governance consists of five principles, they are the principle of transparency, accountability, responsibility, independence, and fairness. While the dependent variable in this research is service credit quality that proxy into five dimensions, they are reliability, responsiveness, assurance, empathy, and fisicly. The type of data in this research is primary data that sourced from the customer perception of credit as a respondent to the questions contained in the questionnaire. Analysis tools that used in this research is the multiple regression analysis using SPSS 17 for Windows Program. Based on result of research and data analysis using multiple regression analysis it has got the conclusions: (1) application of transparency principle has a significant positive effect on service credit quality, (2) application of accountability principle has a significant positive effect on service credit quality, (3) application of responsibility principle has a significant positive effect on service credit quality , (4) application of independence principle has no effect on service credit quality, and (5) application of fairness principle has a significant positive effect on service credit quality.
Kata KunciGood Corporate Governance, Corporate Governance, Good Corporate Governance, Corporate Governance, Credit Service Quality
Nama Pembimbing 1Dr. Laeli Budiarti, M.Si., Ak
Nama Pembimbing 2Drs. Saras Supeno, M.Si, Ak
Tahun2013
Jumlah Halaman23
Page generated in 0.0732 seconds.