View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1M009078
Nama MahasiswaWARSONO EL KIYAT
Judul ArtikelOPTIMASI PRODUKSI BIOETANOL DARI NIRA NIPAH MENGGUNAKAN MIKROBA INDIGENOUS Saccharomyces sp. DENGAN VARIASI KONSENTRASI STARTER DAN GLUKOSA
AbstrakNira nipah mengandung gula yang tinggi sehingga memiliki potensi untuk digunakan sebagai bahan dasar produksi bioetanol. Fermentasi nira nipah akan lebih optimal jika menggunakan kultur murni yang diperoleh dari isolasi lingkungan tanaman. Kultur murni tersebut yaitu mikroba indigenous. Mikroba indigenous akan lebih efektif digunakan karena mikroba sudah teradaptasi dengan baik pada lingkungan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menentukan konsentrasi starter yang optimal untuk menghasilkan etanol dengan rendemen yang tinggi; 2) menentukan konsentrasi glukosa yang optimal untuk menghasilkan etanol dengan rendemen yang tinggi. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor yang dicoba meliputi konsentrasi starter dan konsentrasi glukosa. Taraf yang dicoba untuk konsentrasi starter, yaitu: 5%; 7,5% dan 10%; sedangkan konsentrasi glukosa, yaitu: 12%; 14%, dan 16%. Faktor-faktor tersebut disusun secara faktorial sehingga diperoleh 9 kombinasi perlakuan. Masing-masing perlakuan dilakukan ulangan sebanyak 3 kali, sehingga diperoleh 27 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi starter yang optimal tidak dapat ditentukan. Rendemen yang diperoleh berkisar antara 6,57%-6,78%. Konsentrasi glukosa yang optimal pada penelitian ini tidak dapat ditentukan, akan tetapi diperoleh perlakuan konsentrasi glukosa terbaik yaitu pada taraf 12% dengan kadar etanol yaitu 7,39% dan rendemen sebesar 8,04%.
Abstrak (Inggris)ABSTRACT Nipah sap has high sugar containe so that it has the potential to be used as a raw material for the production of bioethanol. Fermented nypa sap would be optimal if using pure cultures. That pure culture is the indigenous microbe. Indigenous microbe would be more effectively used because microbes can adapt well at the environment. This study aims to: 1) determine the optimal concentration of starter to produce ethanol at high yield, 2) determine the optimal concentration of glucose to produce ethanol at high yield. The experimental design used is Completely Randomized Design. Included factors are the concentration of starter and sugar concentration. Extent that was tried to starter concentration, ie: 5%, 7.5% and 10%, while the sugar concentration, ie: 12%, 14%, and 16%. These factors were arranged in factorial combination of treatments so that there were 9 treatments. Each treatmentss was repeated in 3 times, in order to be obtained 27 experimental units. The results showed that optimal starter concentrations was not fixed. The yield is 6.57-6,78%. Optimal glucose concentration was not fixed, but being obtained the best concentration starter on the level of 12% with the ethanol content is 7.39% and the yield is 8.04%.
Kata Kunci Bioetanol, nira nipah, mikroba indigenous, konsentrasi starter dan glukosa
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Wiludjeng Trisasiwi, M.P.
Nama Pembimbing 2Gunawan Wijonarko, S.P., M.P.
Tahun2013
Jumlah Halaman13
Page generated in 0.0629 seconds.