View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1A006044
Nama MahasiswaBAYU JATI KUSUMAHADI
Judul ArtikelA COMPARATIVE STUDY OF MALE AND FEMALE STUDENTS’ ABILITY IN ENGLISH SPEAKING CLASS (A Study of the Eleventh Grade Students of Computer Network Technique of SMK N 1 Kutasari in Academic Year 2012/2013)
AbstrakTujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui nilai test siswa laki-laki dan perempuan dalam kelas speaking, (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persamaan atau perbedaan kemampuan dalam kelas speaking, dan (3) untuk mengetahui masalah siswa laki-laki dan perempuan dalam kelas speaking dan memberikan solusi untuk meningkatkan speaking mereka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan desain ex-post facto. Penelitian ini menjelaskan sebuah studi perbandingan mengenai kemampuan speaking antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Penelitian ini diadakan untuk mengetahui bagaimana nilai test mereka, faktor apa saja yang mempengaruhi persamaan atau perbedaan dan mengetahui masalah apa dan bagaimana solusi untuk meningkatkan kemampuan speaking mereka. Penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk membuktikan hipotesis yang ada. Setelah mengadakan penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam test siswa laki-laki dan perempuan di kelas speaking dan dapat dibuktikan dengan perhitungan T-test bahwa nilai signifikasi lebih besar dari alpha; 0.149 > 0.05. Dilihat dari aktifitas-aktifitas yang dilaksanakan selama penelitian, faktor utama yang mempengaruhi kemampuan speaking siswa laki-laki dan siswa perempuan adalah kemampuan intelektual. Masalah yang mempengaruhi penampilan siswa dalam speaking antara lain; penampilan, kegugupan, kosa kata, struktur kata dan pengucapan. Selain itu solusi yang dilakukan oleh guru bahasa inggris adalah memotivasi dan memberikan kepada siswa tentang contoh bagaimana mempraktekkan percakapan dan memberikan perhatian yang lebih terhadap komponen atau pelajaran speaking. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para pembaca khususnya mahasiswa jurusan Bahasa Inggris sebagai referensi bagi mereka yang tertarik untuk melakukan penelitian dalam bidang linguistik terapan.
Abstrak (Inggris)The purposes of this research are (1) to describe scores of male and female students’ performance in speaking classes, (2) to find out what factors that influence the similarities or differences in their ability in speaking class, and (3) to find out what problems in speaking class of male and female students and workable solutions to improve their speaking. This research uses a quantitative method, using an ex-post facto design. It describes about a study that casts about the comparison of speaking performance between male and female students. It is conducted to obtain which one is better of those, what factors influence their speaking performance, and what problems occured in speaking class of male and female students and workable solutions to improve their speaking. The analysis uses a descriptive statistics to prove the hypothesis. After conducting the research, the researcher concluded that there were no significance differences of students’ performance in speaking class between male and female students, it showed from the calculation of T-test that the significance value was higher than the alpha; 0.149 > 0.05. From the activities conducted, the main factors influencing the differences speaking performance between male and female students was intelligence. The problems influence students’ performances in speaking were student’s performance, nervousness, vocablary, grammar and pronunciation. Besides, solutions done by the English teacher were to motivate the students about their performance, modeling on how to practice conversation, and more attention on the speaking components. The result was satisfying as could be seen from the data analysis of the questionnaire and observation. This research is expected to give benefit to the students of English Department as the reference for them who are interested in conducting the research in the field of applied linguistic.
Kata KunciStudi Perbandingan, Kemampuan Berbicara, Murid kelas 11 Tekhnik Komputer Jaringan SMK N 1 Kutasari.
Nama Pembimbing 1Dr. Syaifur Rochman, M.Ed. TESOL
Nama Pembimbing 2Erna Wardani, S.Pd, M.Hum
Tahun2013
Jumlah Halaman8
Page generated in 0.0693 seconds.