View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1G010009
Nama MahasiswaRODLIYATI SRI MRANTASI
Judul ArtikelSTRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK SUSU PASTEURISASI DI KOPERASI PETERNAK SATRIA (PESAT) KARANGLEWAS
AbstrakSusu segar merupakan salah satu komoditas pangan yang dihasilkan oleh industri peternakan yang dapat diolah menjadi susu pasteurisasi. Susu pasteurisasi yang diproduksi oleh Koperasi Peternak Satria (PESAT) Karanglewas belum mampu dijadikan produk yang mampu bersaing dengan produk sejenis di pasaran lokal sehingga volume produksinya masih fluktuatif. Tujuan penelitian adalah menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan ekstenal yang mempengaruhi pengembangan produk susu pasteurisasi di koperasi PESAT, dan menemukan alternatif strategi pengembangan usaha susu pasteurisasi bagi koperasi PESAT dan menetapkan prioritas strategi pengembangan produk susu pasteurisasi yang dapat diterapkan oleh koperasi PESAT. Penelitian ini adalah kasus di Koperasi Peternak Satria (PESAT) Karanglewas dengan metode penelitian survey. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 20 Februari 2013 sampai 23 Maret 2013 di Koperasi Peternak Satria (PESAT) Karanglewas. Sasaran penelitian ini adalah strategi pengembangan susu pasteurisasi di Koperasi PESAT. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara dan observasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat empat alternatif strategi pengembangan produk susu pasteurisasi, dengan strategi terbaik adalah strategi I dengan total nilai daya tarik sebesar 5,3956 yaitu melihat pasar untuk mengintensifkan produksi susu pasteurisasi dengan memanfaatkan bantuan pemerintah secara maksimal dan mengembangkan produksi susu segar sebagai bahan baku.
Abstrak (Inggris)Fresh milk is one of the food commodities produced by farms industrial that can be processed into pasteurized milk. Pasteurized milk produced by Koperasi Peternak Satria (PESAT) Karanglewas not been able to be a product that can compete with similar products in the local market so that the volume of production is still fluctuating. The reserach’s purpose is to analyze the environmental factors that affect the internal and external pasteurized milk development in PESAT’s cooperative, and finding alternative strategies for the development of pasteurized milk in PESAT’s cooperative and set the priorities of pasteurized milk product’s development strategy that can be applied by PESAT’s cooperative. This research is a case in Koperasi Peternak Satria (PESAT) Karanglewas with survey research methods. The research has done on February 20, 2013 until March 23, 2013 in Koperasi Peternak Satria (PESAT) Karanglewas. The target of this research is development strategy pasteurized milk in Koperasi PESAT. The methods of data collection consisted of interviews and observations. The analytical method that used is descriptive analysis and SWOT analysis. The results showed that there are four alternative development strategies of pasteurized milk products, with the best strategy is the strategy I with total value of the attraction is 5,3956 which is look at the market to intensify the production of pasteurized milk by utilizing government assistance to the fullest and develop the production of fresh milk as the materials.
Kata KunciStrategi pengembangan, susu pasteurisasi
Nama Pembimbing 1Ir. Hj. Pudji Hastuti P., M.P.
Nama Pembimbing 2Irene Kartika E. W,. S.P, M.P
Tahun2013
Jumlah Halaman16
Page generated in 0.0569 seconds.