View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1D008044
Nama MahasiswaLIA FITRY OKTAVIA
Judul ArtikelHUBUNGAN PRESTASI AKADEMIK, KETERAMPILAN PSIKOMOTOR DAN KEMATANGAN EMOSI MAHASISWA PROFESI NERS UNSOED TERHADAP KEMAMPUAN MERAWAT KLIEN GANGGUAN JIWA
AbstrakLatar Belakang : Prestasi akademik adalah pencapaian tingkat keberhasilan karena usaha belajar dilakukan secara optimal. Keterampilan psikomotor adalah keterampilan individu merawat sesuai prosedur keamanan penuh bagi kliennya. Kematangan emosi adalah pencapaian tingkat kedewasaan dari perkembangan emosi. Pada saat profesi ners mahasiswa dilihat kemampuanya dalam merawat klien gangguan jiwa. Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan prestasi akademik, keterampilan psikomotor dan kematangan emosi mahasiswa profesi ners Unsoed terhadap kemampuan merawat klien gangguan jiwa. Metode Penelitian : Penelitian kuantitatif non-eksperimental menggunakan pendekatan cross sectional. Menggunakan teknik total sampling, yang berjumlah 61 mahasiswa. Analisa data menggunakan Rank Spearman. Hasil Penelitian : Hasil analisis Rank Spearman data tidak terdistribusi secara normal atau homogen sehingga mempengaruhi datanya tidak tersebar merata di setiap range, namun mengelompok di 1 range mengakibatkan pengaruh terhadap hasil korelasi dan menyebabkan hasilnya tidak berhubungan antara prestasi akademik, keterampilan psikomotor dan kematangan emosi terhadap kemampuan mahasiswa profesi ners dalam merawat klien gangguan jiwa. Kesimpulan : Tidak ada hubungan signifikan prestasi akademik, keterampilan psikomotor dan kematangan emosi mahasiswa profesi ners Unsoed terhadap kemampuan merawat klien gangguan jiwa.
Abstrak (Inggris)Background : Academic achievement is the achievement level of success because of the efforts done in an optimal learning. Psychomotor skills are individual skills appropriate care for full security procedures for its clients. Attainment of emotional maturity is the maturity level of emotional development. In Phase profession seen his student nurses ability's caring for clients with mental disorders. Goal : To identify the relationship of academic achievement, psychomotor skills and emotional maturity of the student professional nurses Unsoed client's ability to treat mental disorders. Methods : A quantitative non-experimental study using cross-sectional approach. Using total sampling techniques that amounted to a total of 61 students. Data analysis using the Spearman Rank. Results : Spearman Rank analysis showed no significant association of academic achievement, psychomotor skills and emotional maturity of the student nurses ability caring for clients with mental disorders. Conclusion : There is no significant relationship of academic achievement, psychomotor skills and emotional maturity of the student nurses ability caring for clients with mental disorders.
Kata KunciKemampuan merawat klien gangguan jiwa, kematangan emosi, keterampilan psikomotor, mahasiswa profesi ners, prestasi akademik.
Nama Pembimbing 1Made Sumarwati MN
Nama Pembimbing 2Pujo Rohadi S.Kep., Ns
Tahun2013
Jumlah Halaman10
Page generated in 0.0444 seconds.