View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1C008078
Nama MahasiswaANGGITA AYUNDRA
Judul ArtikelPreferensi Konsumen Supermarket Terhadap Pembelian Beras Organik di Kota Bekasi
AbstrakSaat ini masyarakat mulai menyadari bahwa penggunaan bahan-bahan kimia terutama pestisida kimia dalam produksi pertanian (dalam hal ini beras) ternyata menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan manusia dan lingkungan. Adanya kesadaran masyarakat akan kesehatan dan keamanan pangan ini maka preferensi masyarakat dalam mengkonsumsi beras mengalami pergeseran dari beras non organik ke beras organik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut-atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian beras organik, mengetahui peringkat kepentingan atribut dalam pengambilan keputusan pembelian menurut konsumen, dan mengetahui preferensi konsumen terhadap atribut beras organik. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis uji cochran yang dilanjutkan dengan analisis conjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian beras organik yaitu atribut harga, tekstur, kesehatan, dan ketersediaan. Peringkat kepentingan atribut dalam pengambilan keputusan pembelian beras organik yaitu kesehatan sebesar 30,399 persen; ketersediaan sebesar 26,979 persen; harga sebesar 23,362 persen; dan tekstur sebesar 19,260 persen. Preferensi konsumen dalam pembelian beras organik di Bekasi yaitu konsumen menyukai beras organik karena sangat aman dikonsumsi bagi kesehatan; ketersediaan yang selalu ada (setiap hari); harga beras yang berkisar antara Rp14.000,00-Rp37.000,00, dan tekstur nasi yang pulen.
Abstrak (Inggris)Nowadays people start to realize that the use of chemical ingredients especially pesticide in rice farming production causes the negative effect for human and society. The increasing of public awareness for safety and healthy food influences the public preference in consuming rice from non-organic into organic rice. This research is aimed at getting to know the attributes of consumer consideration in making decision to buy organic rice, the important attributes rank in the decision making, and the consumer preference on the organic rice attributes. The analysis of the data was performed by using cochran analysis and followed by conjoin analysis. The results of this research showed that the attributes considered by consumer of the organic rice were price, texture, healthy, and availability. The important attributes ranks in making decision to buy the organic rice were 30,399 percent healthy, 26,929 percent availability, 23,362 percent price, and 19,260 percent texture. The consumer preferences in buying organic rice in Bekasi are resulted as follows: save to be consume; availability (every day); price range from Rp.14.000,00-Rp37.000,00; good texture.
Kata Kunciberas organik, preferensi konsumen
Nama Pembimbing 1Ir. Ari Purwaningsih, M.Si
Nama Pembimbing 2Ir. Dwi Purwastuti, M.Si
Tahun2014
Jumlah Halaman13
Page generated in 0.0552 seconds.