View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)P2FB10015
Nama MahasiswaBUDY SANTOSA, S.H
Judul ArtikelKEPUASAN TENAGA KERJA ATAS PELAYANAN JAMINAN KECELAKAAN KERJA JAMSOSTEK DI KABUPATEN PURBALINGGA
AbstrakBudy Santosa, Program Studi Ilmu Administrasi Publik Program Pascasarjana, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Analisis Kepuasan Tenaga Kerja Di Sektor Pengolahan Kayu Terhadap Pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) Di Purbalingga. Komisi Pembimbing, Ketua : DR . Dyah Retna Puspita, M. Hum, Anggota: DR . Tyas Retno Wulan, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah menguji tingkat kepuasan tenaga kerja dan menganalisis aspek pelayanan yang harus diprioritaskan untuk meningkatkan kepuasan tenaga kerja atas pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja Program Jamsostek. Lokasi penelitian ini adalah empat perusahaan pengolahan kayu yang ikut dalam kepesertaan Jaminan Kecelakaan Kerja Jamsostek yang mengalami kecelakaan kerja. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa tingkat kesesuaian antara harapan dan kinerja pelayanan JKK mencapai 96,45%, yang berarti pelayanan JKK sangat sesuai dan hal ini menunjukan tingkat kepuasannya tinggi dengan harapan peserta JKK. Hasil perhitungan tingkat kesesuain pelayanan pada masing-masing aspek pelayanan diketahui aspek produk pelayanan JKK memiliki tingkat kesesuaian 95,34%, proses dan tugas pelayanan memiliki tingkat kesesuaian 95,15%, dan lingkungan pelayanan memiliki tingkat kesesuaian sebesar 100%. Selanjutnya aspek pelayanan yang menjadi prioritas untuk ditingkatkan meliputi persyaratan pelayanan yaitu persyaratan administratif, aspek keadilan yaitu upaya pemenuhan kebutuhan tenaga kerja peserta JKK yang diperlukan dalam pelayanan kesehatan, kewajaran biaya yang mengarah keterjangkauan tenaga kerja terhadap besarnya biaya yang ditetapkan. Saran yang disampaikan dalam penelitian ini adalah agar PT. Jamsostek (Persero) Cabang Purwokerto meningkatkan aspek kepastian biaya, kecepatan pelayanan, persyaratan pelayanan dan sosialisasi secara intensif kepada perusahaan pengolahan kayu untuk meningkatkan kepesertaan JKK Program Jamsostek.
Abstrak (Inggris)Budy Santosa, Study Program-Public Administration Graduate Program, University of General Sudirman Purwokerto, Workforce Satisfaction Analysis On Wood Processing Sector Of Service Accident Insurance ( JKK ) Workers Social Security Program ( Social Security) In Purbalingga . Supervising Commission, Chairman : DR . Dyah Retna Puspita, M. Hum, Members : DR . Tyas Retno Wulan, M.Si. The purpose of this study was to examine the level of satisfaction and analyze aspects of employment services should be prioritized to improve workforce satisfaction with the service Accident Insurance Social Security program. The location of this study is four wood processing companies participating in the membership Accident Insurance Social Security injured at work. These results prove that the degree of fit between expectations and service performance JKK reached 96.45 % , which means the service is very appropriate JKK and this shows a high level of satisfaction with the expectations of participants JKK . The results of calculation spesific level of service on each aspect of the service known aspect of the service product suitability JKK has a 95.34 % rate , and the ministry has a 95.15 % rate of suitability and appropriateness of the environment ministry has levels of 100 % . Further aspects of the service are the priorities for enhanced service include the requirement that administrative requirements , aspects of fairness that is addressing the needs of the labor required JKK participants in the health service , the reasonableness of the cost of labor which leads to the affordability of the cost of the set . Suggestions presented in this study is that PT . Social Security ( Persero ) Branch Purwokerto increase the rigidity of cost, speed of service , conditions of service and intensive socialization to wood processing companies to improve retention JKK Social Security program.
Kata KunciJaminan Kecelakaan Kerja, Pelayanan, Kepuasan Tenaga Kerja.
Nama Pembimbing 1Dr. Dyah Retna Puspita, M.Hum
Nama Pembimbing 2Dr. Tyas Retno Wulan, M.Si
Tahun2014
Jumlah Halaman15
Page generated in 0.0563 seconds.