View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)P2FB11012
Nama MahasiswaMUHAMMAD HUSNUL MAAB, S.H
Judul ArtikelMENGUKUR KINERJA PUSKESMAS I KEMBARAN DENGAN KONSEP BALANCED SCORECARD
AbstrakPenilaian kinerja di sektor publik menarik untuk diperbincangkan lebih mendalam karena hal itu bukan sesuatu yang sederhana, melainkan sesuatu yang kompleks dan multidimensional. Tantangan globalisasi menuntut instansi pelayanan publik seperti Puskesmas I Kembaran bukan hanya berkinerja baik dihadapan pemerintah atasannya, tetapi puskesmas juga berkemampuan daya saing di hadapan unit pelayanan kesehatan lainnya. Kunci dari persaingan tersebut adalah kemampuan organisasi untuk menarik perhatian masa menjadi pelanggan. ISO 9001:2000, sistem manajemen yang berorientasi kepuasan pelanggan, berguna untuk meningkatkan performance puskesmas. Hasilnya Puskesmas memiliki Plan of Actions (POA) untuk mengelola organisasi, forum lokakarya mini sebagai sarana membangun keterbukaan dan kebersamaan sistem, pola penganggaran kerja berbasis activity based budgeting, sehingga puskesmas layak untuk diukur kinerjanya dengan ukuran kinerja organisasi privat, yaitu konsep Balanced Scorecard. Penilaian Kinerja yang mengukur dari perspektif keuangan dan non keuangan ini bertujuan mendeskripsikan secara mendalam & komprehensif kinerja Puskesmas, mengidentifikasikan permasalahan yang terjadi pada kinerja Puskesmas, dan mengajukan alternatif solusi yang praktis bagi Puskesmas dalam meningkatkan kinerja organisasinya. Penilaian kinerja pelayanan kesehatan ini dilakukan terhadap seluruh pegawai puskesmas dengan menggunakan metode penelitian mixed method research. Penilaian ini mengukur kinerja dari perspektif pelanggan dalam aspek cakupan pelanggan, pangsa pasar, retensi dan akuisinya; perspektif keuangan dalam aspek ekonomis, efisiensi dan efektivitasnya; perspektif proses internal dalam proses inovasi, proses operasional dan proses pelayanannya; serta perspektif pengembangan dan pembelajaran dalam aspek pengembangan SDM dan teknologinya. Kinerja Puskesmas I Kembaran,dari keempat perspektif, hasil penilaiannya adalah cukup baik. Puskesmas mampu mencapai target cakupan pelanggan dan memiliki pangsa pasar yang luas; pembiayaan pelayanannya sangat efektif; penyelenggaraan pelayanannya sangat tertib administrasi dan inovatif. Kendala yang dihadapi Puskesmas dalam mencapai kinerjanya antara lain: rendahnya tingkat retensi pasien, inefisiensi anggaran pelayanan, nilai Manufacturing Cycle Effectiveness (MCE) yang sangat tinggi dan lemahnya sistem pengembangan SDM. Adapun alternatif solusi praktis yang dapat diajukan untuk meningkatkan kinerja adalah: Puskesmas perlu meningkatkan retensi pasien, meningkatkan efisiensi anggaran pelayanan, menurunkan nilai MCE, optimalisasi fungsi jabatan manajemen representative untuk mengoptimalkan peluangpengembangan dan pembelajaran, serta melengkapi target kinerja yang masih kosong sebagai acuan kerjadan motor penggerak bagi para pegawai.
Abstrak (Inggris) It is interested to discuss more about performance assessment of public sector because it is not easy to defined, it is complex and multidimensional. The challenge of globalization demand the change of public service agencies performance such as Puskesmas I Kembaran, it not only has good performance in government level, but also has capability to compete among other health service units. The key of the competition is the organization's ability to attract the attention of customers. ISO 9001: 2000 is a management system oriented to customer satisfaction, useful for improving performance of puskesmas. As a result, Puskesmas has a Plan of Actions (POA) to manage the Organization, mini workshop forum as a media to build openness and togetherness system, budgeting system based on activity based budgeting, it makes puskesmas eligible to be measured of its performance using measurement tool of the private organization's performance, it is Balanced Scorecard concept. The performance assessment measure financial and non financial perspective, it has purpose to describe performance of Puskesmas in depth and comprehensive, to identify problems that occured on the performance of puskesmas, and to propose practical alternative solutions for puskesmas to improve the performance of the organization. Healthcare performance assessment was conducted to the entire employees of puskesmas using the mixed method research. This assessment measures the performance from the perspective of the customer in the coverage, market share, customer retention and acquisition aspect; financial perspective in economic, efficiency and effectiveness aspects; internal process perspective in the process of innovation, operational processes and service process; and the perspective of development and learning in the development of human resources and technology aspects Performance of Puskesmas I Kembaran from the fourth perspective, the result of study is good enough. Puskesmas was able to reach the target coverage of customers and has a large market share; effective financial service; innovative and administrative in conducting service. There are some obstacles faced by puskesmas in achieving good performance namely: the low retention rate of the patient, inefficiency of the service budgeting, the Manufacturing Cycle Effectiveness value (MCE) is very high, and the weakness of human resource development system. There are some practical alternative solutions can be proposed to increase performance are follows: puskesmas need to increase patient retention, increase the efficiency of the service budgeting, decrease the value of MCE, optimalization the functions of the management representative office to optimalize the opportunities of learning and development, and complement the performance targets that are still empty as a reference work and its driving force for its employees
Kata Kuncipuskesmas, pengukuran kinerja dan balanced scorecard
Nama Pembimbing 1Dr. Bambang Tri Harsanto, M.Si
Nama Pembimbing 2Dr. Ali Rokhman, M.Si
Tahun2014
Jumlah Halaman11
Page generated in 0.0536 seconds.