View Artikel Ilmiah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Kembali
NIM (Student Number)F1A014086
Nama MahasiswaSUJADA ABDUL MALIK
Judul ArtikelKONSTRUKSI MAKNA BERKHIDMAT UNTUK UMAT (STUDI FENOMENOLOGI PADA PARTAI KEADILAN SEJAHTERA KABUPATEN BANYUMAS)
AbstrakPenelitian ini membahas dan menafsirkan tentang makna berkhidmat untuk umat dan mendeskripsikan upaya berkhidmat yang dilakukan oleh DPD PKS Banyumas. Lokasi penelitian ini berada di Kabupaten Banyumas. Sasaran penelitian ini adalah pengurus, kader dan simpatisan DPD PKS Banyumas yang mempunyai pengalaman dalam konteks berpartai. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan melakukan pengurungan atau epoche agar orisinalitas dari pengalaman sasaran penelitian tersaji dengan baik. Metode pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan analisis fenomenologi dan gerakan sosial. Penelitian ini menemukan bahwa makna dari berkhidmat untuk umat adalah “upaya perjuangan untuk melayani umat, menjadi wadah aspirasi bagi umat Islam dan upaya untuk memasukkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan bernegara”. Hal ini bisa dilakukan karena kesempatan politik yang terbuka pasca Orde Baru, sehingga, DPD PKS Banyumas dengan leluasa melakukan framing dan mobilisasi dalam upaya berkhidmat untuk umat di Kabupaten Banyumas. Temuan lain dari penelitian ini adalah DPD PKS Banyumas dalam mobilisasi menggunakan sayap yang terdiri atas sayap organisasi keluarga, pendidikan, pengajian dan kemanusiaan.
Abstrak (Inggris)This study discusses the construction of the meaning of serving for the people of PKS Banyumas. This study interprets the meaning of serving for the Ummah and describes the effort of serving the DPD PKS Banyumas. The location of this research is in Banyumas Regency. The target of this research is the management, cadres and sympathizers of the DPD PKS Banyumas who have experience in the context of the party. This study uses a phenomenological approach by conducting a confinement or epoche so that the originality of the experience of the research target is well presented. The method of data collection is done by in-depth interviews, observation and documentation collection. The analysis was carried out with the analysis of phenomenology and social movements. This research found that the meaning of serving for the ummah is "an effort to struggle to serve the people, to become a place of aspiration for Muslims and an effort to incorporate Islamic values in the life of the state". This can be done because of the open political opportunities after the New Order. Thus, DPD PKS Banyumas is free to do framing and mobilization in an effort to serve the people in Banyumas Regency. Another finding from this study is the DPD PKS Banyumas in mobilization using a wing consisting of a family, education, recitation and humanitarian organization wing.
Kata KunciKata kunci: Partai Keadilan Sejahtera, gerakan sosial, Berkhidmat untuk umat.
Nama Pembimbing 1Drs. Dalhar Sodiq, M.Si
Nama Pembimbing 2Dr. Mintarti, M.Si
Tahun2020
Jumlah Halaman17
Page generated in 0.0666 seconds.