View Artikel Ilmiah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Kembali
NIM (Student Number)F1A015020
Nama MahasiswaDYNA SURYAWATI
Judul ArtikelKEHIDUPAN PASAR TRADISIONAL (Studi tentang Institusi Sosial pada Pasar Tradisional Pendem di Desa Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo)
AbstrakPenelitian ini menunjukkan bahwa institusi sosial pada Pasar Pendem berkaitan dengan nilai sosial terdapat kerjasama sesama pedagang berkaitan dengan penentuan harga sayur dan pada pasar hewan kerjasama dengan makelar. Nilai sosial lainnya yaitu nilai saling percaya dan hubungan kekeluargaan, selanjutnya strategi pemasaran yang berkaitan dengan strategi pedagang dalam menjual produk yang diperdagangkan dalam kasus ini para pedagang bekerjasama untuk penentuan harga maka pedagang menjalin solidaritas mekanik. Dalam menentukan strategi pemasaran pedagang juga berhak menentukan sendiri seperti kualitas barang yang dijual, jenis barang dagangan yang dijual dalam hal ini interaksi yang terjalin solidaritas organik. Pembahasan selanjutnya yaitu norma sosial, pada Pasar Pendem tidak ada aturan yang mengikat kuat namun apabila terjadi pelanggaran sanksi yang diberikan berupa peringatan. Pembahasan selanjutnya kelakuan berpola, yang menjadi ciri khas pada Pasar Pendem dari segi makanan yaitu geblek dan sengek sedangkan untuk barang dagangan seperti gula jawa relatif lebih laku untuk harga sayuran di Pasar Pendem relatif mahal, kelakuan berpola lainnya yaitu waktu pelaksanaan pada pasar kebutuhan pokok dimulai pagi dini hari sedangkan pasar seton dimulai pagi hari. Pembahasan terakhir yaitu terorganisir pada pasar seton pembayaran karcis yang semula tidak tertib, oleh pengurus pasar ditertibkan sehingga pembayaran karcis di pasar seton lebih tertib jika dibandingkan dengan sebelumnya.
Abstrak (Inggris)This research shows that social institutions in the Pendem Market relate to social values, there is cooperation among traders related to the determination of vegetable prices and in the animal market in cooperation with brokers. Other social values are the value of mutual trust and family relationships, then marketing strategies related to the strategy of traders in selling products traded in this case the traders work together to determine the price, the trader establishes mechanical solidarity. In determining the marketing strategy the trader also has the right to determine for himself the quality of the goods sold, the type of merchandise sold, in this case the interaction that is established organic solidarity. The next discussion is social norms, in the Pendem Market there are no binding rules but if there is a violation of sanctions that are given in the form of a warning. The next discussion is patterned behavior, which is characteristic of the Pendem Market in terms of food, namely geblek and sengek while for merchandise such as palm sugar is relatively more salable for the price of vegetables in the Pendem Market is relatively expensive, other patterned behavior is when the implementation of the staple market starts in the morning early in the morning while the seton market starts in the morning. The last discussion was organized in the ticket payment seton market which was originally disorderly, by the market management which was put in order so that the ticket payment in the seton market was more orderly when compared to before.
Kata KunciInstitusi Sosial, Pasar Tradisional
Nama Pembimbing 1Dr.Ign Suksmadi Sutoyo,M.Si.
Nama Pembimbing 2Drs.F.X. Wardiyono,M.Si.
Tahun2020
Jumlah Halaman17
Page generated in 0.06 seconds.