View Artikel Ilmiah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Kembali
NIM (Student Number)F1A015007
Nama MahasiswaLILIS SETIYOWATI
Judul ArtikelPEREMPUAN BERHIJJAB DAN PERAWATAN WAJAH (STUDI TENTANG PEREMPUAN BERHIJJAB YANG MELAKUKAN PERAWATAN WAJAH DI BEAUTY CENTER PURWOKERTO)
AbstrakPenelitian ini antara lain bertujuan sebagai berikut: Pertama, mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh mahasiswa ber-hijjab dalam melakukan perawatan wajah di beauty center Purwokerto. Kedua, mendeskripsikan pandangan mahasiswa ber-hijjab tentang hijjab, konsep cantik, dan perawatan wajah serta perawatan wajah yang dilakukan oleh mahasiswa ber-hijjab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian yaitu di tiga perguruan tinggi di Purwokerto yaitu IAIN, UMP dan UNSOED. Hasil penelitian ini menemukan bahwa saat ini hijjab sudah dianggap sebagai trend dan kebutuhan khususnya bagi mahasiswa perempuan muslim. Banyaknya model hijjab mendorong mahasiswa untuk membeli hijjab sesuai dengan model trend hijjab yang sedang naik daun, seperti pashmina, khimar, dan segi empat yang berbagai merk. Konsep cantik yang berkembang saat ini terutama pada kalangan mahasiswa yang berhijjab, kecantikan perempuan tidak hanya bisa terlihat dari penampilan fisik saja, tetapi juga kecantikan dilihat dari dalam diri seseorang, oleh karena itu kecantikan dari luar dan kecantikan dari dalam harus balance antara satu sama lain. Penampilan cantik adalah hal yang selalu diinginkan oleh setiap perempuan. Perawatan kecantikan saat ini sudah banyak kita temui, salah satunya adalah Mahasiswa sebagai salah satu konsumen produk kecantikan perawatan wajah memiliki tujuan yang beragam untuk melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan. Mahasiswa datang ke klinik kecantikan dengan tujuan untuk menghilangkan keluhan mereka terhadap kulit wajah agar wajah terlihat bersih, bebas dari komedo, dll sesuai keinginan mereka. Peneliti juga menemukan beragam pengeluaran atau budget untuk membeli produk krim kecantikan atau jenis perawatan wajah, mulai dari Rp 90.000 hingga lebih dari Rp 1.500.000 untuk setiap bulannya tergantung kebutuhan.
Abstrak (Inggris)This research aims as follows: First, it describes the efforts made by hijjab students in performing facial treatments at the Purwokerto beauty center. Secondly, it describes the views of hijab students about hijab, beautiful concepts, and facials and facial treatments performed by hijab students. This research uses descriptive qualitative research methods with data collection techniques using interviews, observation and documentation. The research locations are at three universities in Purwokerto, namely IAIN, UMP and UNSOED. The results of this study found that headscarves are now considered a trend and a necessity especially for Muslim female students. The many models of hijjab encourage students to buy hijjab in accordance with the hijjab trend models that are on the rise, such as pashmina, khimar, and rectangles of various brands. The concept of beauty that is developing at this time, especially among students who wear hijab, women's beauty can not only be seen from physical appearance, but also beauty seen from within a person, therefore beauty from the outside and beauty from inside must balance between one another. Beautiful appearance is something that is always desired by every woman. We have met many beauty treatments, one of which is that students as one of the consumers of face care beauty products have a variety of purposes for doing facial treatments in beauty clinics. Students come to the beauty clinic with the aim to eliminate their complaints about facial skin so that the face looks clean, free from blackheads, etc. as they wish Researchers also found various expenses or budgets to buy beauty cream products or types of facial treatments, ranging from Rp. 90,000 to more than Rp. 1,500,000 for each month depending on needs.
Kata KunciMahasiswa Ber-hijjab, Konsep Cantik, Perawatan wajah
Nama Pembimbing 1Tri Wuryaningsih
Nama Pembimbing 2Hendri Restuadhi
Tahun2020
Jumlah Halaman12
Page generated in 0.061 seconds.