View Artikel Ilmiah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Kembali
NIM (Student Number)F1B016045
Nama MahasiswaFIFI AMALIA AGUSTIN
Judul ArtikelPerbandingan Indeks Kepuasan Layanan Pembuatan KTP Elektronik di Kecamatan Cilongok dan Kecamatan Purwokerto Barat
AbstrakPenelitian ini berjudul “Perbandingan Indeks Kepuasan Layanan Pembuatan KTP Elektronik di Kecamatan Cilongok dan Kecamatan Purwokerto Barat”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya perbedaan indeks kepuasan layanan pembuatan KTP-el antara Kecamatan Cilongok dan Kecamatan Purwokerto Barat. Sasaran penelitian ini adalah masyarakat yang sudah pernah mendapatkan pelayanan pembuatan KTP-el di Kantor Kecamatan Cilongok dan Kantor Kecamatan Purwokerto Barat. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling. Besarnya jumlah sampel untuk Kecamatan Cilongok adalah 100 orang dan untuk Kecamatan Purwokerto Barat adalah 100 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif komparatif dengan pendekatan survey. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil analisis secara kuantitatif dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa indeks kepuasan layanan pembuatan KTP-el di Kecamatan Cilongok adalah sebesar 83, angka ini berada pada range 76,60-88,30 yang termasuk dalam kategori memuaskan. Sedangkan indeks kepuasan layanan pembuatan KTP-el di Kecamatan Purwokerto Barat adalah sebesar 76,25, angka ini berada pada range 65,00-76,60 yang termasuk dalam kategori kurang memuaskan. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test diketahui terdapat perbedaan kepuasan layanan pembuatan KTP-el antara Kecamatan Cilongok dan Kecamatan Purwokerto Barat. Dengan demikian hipotesis alternatif dalam penelitian ini dapat diterima.
Abstrak (Inggris)This study is entitled “Comparative of Electronic ID Card Making Services Satisfaction Index in Cilongok and West Purwokerto sub district”. The purpose of this study is to know the differences of satisfaction index of electronic ID card making services between Cilongok sub district and West Purwokerto sub district. This research target is people who already had an electronic ID card service in Cilongok sub district Office and West Purwokerto sub district Office. The sampling technique is done by using accidental sampling technique. The number of samples for Cilongok sub district is 100 people and for West Purwokerto sub district is 100 people. The research method used is a quantitative comparative method with a survey approach. The data analysis technique used is the Independent Sample T-Test. Based on the results of the quantitative analysis in this study, it can be concluded that the satisfaction index of electronic ID card making service in Cilongok sub distric is 83, this number is in the range of 76,60-88,30 which is included in the satisfactory category. While the satisfaction index of electronic ID card making service in West Purwokerto sub distric is 76,25, this number is in the range of 65,00-76,60 which is included in the unsatisfactory category. Based on the results of the Independent Sample T-Test, it is known that there are differences in the satisfaction of electronic ID card making services between Cilongok and West Purwokerto sub districts. Therefore, the alternative hypothesis in this study can be accepted.
Kata KunciPelayanan Publik, Kepuasan Masyarakat
Nama Pembimbing 1Dr. Dwiyanto Indiahono, M.Si
Nama Pembimbing 2Drs. Mahmud Setiahadi, M.Si
Tahun2020
Jumlah Halaman19
Page generated in 0.0524 seconds.