View Artikel Ilmiah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Kembali
NIM (Student Number)F1B113014
Nama MahasiswaKOLLIN BASUNDARA
Judul ArtikelPERUBAHAN PERILAKU WARGA SEBAGAI DAMPAK KEBIJAKAN PUBLIK (STUDI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMPAH DI DESA KUTASARI, KECAMATAN BATURRADEN, KABUPATEN BANYUMAS)
AbstrakPermasalahan sampah di Kabupaten Banyumas sudah terjadi selama bertahun-tahun. Pada tahun 2018, terdapat lebih dari setengah sampah yang dihasilkan yang belum terangkut ke TPA. Sampah-sampah yang tidak terangkut ke TPA menjadi semakin banyak semenjak terbitnya Surat Edaran (SE) Bupati Banyumas Nomor 660.1/7776/2018 tentang Pengelolaan Sampah di Kabupaten Banyumas yang berupa perubahan tata cara pengelolaan sampah yang awalnya berbasis pelayanan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas dengan pola kumpul-angkut-buang ke TPA menjadi pengelolaan sampah langsung dari sumbernya Dampaknya yang dirasakan oleh masyarakat Desa Kutasari, Kecamatan Baturraden, Kabupaten cukup beragam tetapi pada umumnya cukup banyak yang mengalami kesulitan. Fokus yang menarik perhatian peneliti yaitu terdapatnya perbedaan dan juga perubahan yang dirasakan oleh masyarakat Desa Kutasari, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas baik itu sebelum maupun setelah terbitnya Surat Edaran Bupati Banyumas Nomor 660.1/7776/2018 dalam hal pengelolaan sampah dan juga perubahan perilaku mereka. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan snowball sampling dengan informan berasal dari Pemerintah Desa Kutasari, warga desa, anggota Kelompok Swadaya Masyarakat, dan Bank Sampah. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perubahan yang dirasakan oleh masyarakat Desa Kutasari dalam pengelolaan sampah dan pola perilaku serta aktivitas yang biasa mereka lakukan. Perubahan tersebut dilihat dari teori perubahan perilaku yang dapat dibagi menjadi, natural change, plan change, dan readiness to change.
Abstrak (Inggris)The waste problem in Banyumas Regency has been going on for years. In 2018, more than half of the waste was not transported to the TPA. The amount of waste that is not transported to the TPA has increased since the issuance of the Circular (SE) Number 660.1/7776/2018 concerning Waste Management in Banyumas Regency that contins a change in waste management procedures which were originally based on services carried out by the Regency Government (Pemkab Banyumas) now becomes waste management directly from the source. The impact felt by the people of Kutasari Village, Baturraden District, Banyumas Regency is quite diverse but generally quite a lot of them experience difficulties. The focus that attracted the attention of the researcher was the differences and changes felt by the people of Kutasari Village, Baturraden District, Banyumas Regency, both before and after the issuance of the Circular Number 660.1/7776/2018 in terms of waste management and also changes in their behavior.
Kata KunciDampak Kebijakan, Pengelolaan Sampah, Perubahan Perilaku
Nama Pembimbing 1Dr. Dwiyanto Indiahono, M. Si.
Nama Pembimbing 2Dr. Tobirin, M. Si.
Tahun2020
Jumlah Halaman16
Page generated in 0.0538 seconds.