View Artikel Ilmiah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Kembali
NIM (Student Number)F1A013093
Nama MahasiswaLARISSA VASHTI KAULIKA
Judul ArtikelBarbershop Sebagai Gaya Hidup (Studi Tentang Perilaku Mahasiswa UNSOED Mencukur Rambut di Barbershop)
AbstrakGaya rambut menjadi salah satu elemen penting untuk menunjang penampilan. Belakangan ini ada beberapa gaya rambut yang sedang nge-tren di kalangan anak muda khususnya pria yaitu Pompadour, Man Bun, Top Knot, Fade, dan Undercut. Hal inilah yang memicu para pengusaha di Purwokerto untuk berlomba-lomba mmebangun bisnis barbershop, dikarenakan banyaknya anak muda khususnya mahasiswa di Purwokerto. Untuk saat ini sudah tercatat ada 19 barbershop yang tersebar di Purwokerto. Penelitian ini memiliki rumusan masalah bagaimana mahasiswa Unsoed memaknai gaya rambut dan barbershop yang sudah mereka pilih, serta bagaimana perilaku mahasiswa Unsoed dalam mencukur rambutnya di barbershop. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada makna yang tersirat dibalik maraknya barbershop di kalangan mahasiswa Unsoed, dan ada atau tidakkah perubahan perilaku dari munculnya barbershop di Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun data yang digunakan merupakan hasil wawancara mendalam dari subjek penelitian yang sudah ditentukan menggunakan teknik purposive sampling yaitu mahasiswa Unsoed. Landasan teori yang digunakan adalah habitus oleh Pierre Bourdieau. Berdasakan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa mahasiswa memaknai gaya rambut sebagai identitas, karena memiliki potongan gaya rambut terbaru dapat menaikkan kelas sosial seseorang, dan hal tersebut hanya bisa didapatkan di barbershop. Pemilihan barbershop juga berpengaruh pada mahasiswa agar bisa merasa memiliki penampilan yang modern. Mahasiswa akan memilih barbershop dengan kualitas kapster yang bagus dan design interior yang kekinian. Keputusan untuk memilih gaya rambut dan barbershop tertentu rupanya dipengaruhi juga oleh media sosial, seperti instagram atau youtube. Informasi yang diunggah memudahkan mahasiswa untuk mengetahui gaya rambut seperti apa yang sedang populer.
Abstrak (Inggris)Hair style is one of the important element to support appereance. Recently, The Pompadour, Man Bun, Top Knot, Face, and Undercut are popular hairstyles among young people, especially men. This is what triggers entrepeneurs in Purwokerto to start barbershop businesses, because there are many young people, especially student in Purwokerto. Until now there are 19 barbershops in Purwokerto. This research has formulated the problem of how Unsoed students interpret their hairstyle and their choice of barbershop, and how the behavior of Unsoed students in shaving their hair in a barbershop. The purpose of this study was to see whether there was an implied meaning behind the rise of barbershop among Unsoed students, and whether or not there was a change in behaviour from emergence of barbershop in Purwokerto. This research uses descriptive qualitative methods. The data used are the result of in-depth interview from research subjects who have been determined using purposive sampling technique, namely Unsoed students. The theoritica; basis used is habitus by Pierre Bourdieau. Based on the data analysis, it was concluded that Unsoed student interpret hairstyles as identity, because having the latest hairstylr can increase one’s social class, and this can only be found in barbershop. The choice of a barbershop also influences Unsoed students to feel that they have a modern appearance. Unsoed students will choose a barbershop with a good quality hairdresser and attractive interior design. The decision to choose a certain hairstyle and barbershop is also influenced by social media, such as Instagram or Youtube. The information uploaded makes it easy for students to find out what hairstyles are currently popular.
Kata Kunci barbershop, gaya rambut, habitus, perilaku
Nama Pembimbing 1Dr. Muslihudin, M.Si
Nama Pembimbing 2Dr. Tri Wuryaningsih, M.Si
Tahun2020
Jumlah Halaman13
Page generated in 0.0557 seconds.