View Artikel Ilmiah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Kembali
NIM (Student Number)F1B015033
Nama MahasiswaMUHAMMAD RIZKY ALGHIFARY
Judul ArtikelMANAJEMEN BADAN USAHA MILIK DESA DALAM PENGEMBANGAN AGROWISATA LEMBAH ASRI DI DESA SERANG KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA
AbstrakDesa Serang dengan BUMDesnya yaitu Serang Makmur Sejahtera merupakan salah satu dari dua BUMDes yang termasuk dalam klasifikasi BUMDes yang maju. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Manajemen BUMDes Dalam Mengembangkan Agrowisata Lembah Asri dengan menggunakan aspek POSDCORB. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis interaktif. Manajemen BUMDes Desa Serang untuk mengembangkan Agrowisata Lembah Asri dapat dilihat dari beberapa aspek manajemen. Pada aspek perencanaan mereka telah mempuanyai sasaran dan program kerja yang jelas. Pada pengorganisasian, setiap pegawai sudah melaksanakan pekerjaan sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Pada aspek pengadaan tenaga kerja, Agrowisata Lembah Asri melakukannya dengan cara interview dan menempatkan calon pekerja sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Pada aspek pengarahan, arahan atau perintah yang dilakukan oleh para pegawai yang memiliki jabatan strategis di organisasi tersebut dan disampaikan secara lisan dikala rapat rutin dilaksanakan. Untuk mengenai pengkoordinasian, koordinasi dilakukan melalui media rapat rutin yang diadakan untuk membahas bagaimana perkembangan saat ini dan apa yang akan dilaksanakan kedepannya. Pelaporan yang dilaksanakan untuk kurun waktu sebulan sekali, disampaikan secara lisan. Sedangkan untuk laporan tahunannya dibuat secara tertulis. Pada aspek penganggaran, anggaran dana yang didapatkan bersumber dari investasi masyarakat, pendapatan wisata itu sendiri, dan dari dana desa serta tambahan dana lainnya..
Abstrak (Inggris)Serang Village and its Village-Owned Enterprise, Serang Makmur Sejahtera, are one of the two Village-Owned Enterprises included in the advanced Village- Owned Enterprises classification. The purpose of this research is to learn how Management of Village-Owned Enterprise in Developing Lembah Asri Agro Tourism in Serang Village, Karangreja District, Purbalingga Regency based on POSDCORB The research uses qualitative method. The selection of informants uses purposive sampling technique. Data collection used in this study uses interviews, collection, and documentation. Data analysis method used in this research is interactive analysis method. The management of Serang Village-Owned Enterprise to develop Lembah Asri Agro Tourism can be seen from several aspects of management. In the planning aspect, they have clear targets and work programs. In organizing, every employee has carried out work in accordance with their duties and responsibilities. In the aspect of labor procurement, interviews were conducted by Lembah Asri Agro Tourism and placed prospective workers in accordance with their competencies. In the aspect of briefing, direction or order made by employees who have strategic positions in the organization and delivered verbally during routine meetings. For coordination, it’s conducted through regular meetings to discuss how the current development is and what will be done in the future. Reporting is done once a month and submitted verbally, while for annual reports in writing. In the budgeting aspect, the budget funds obtained are sourced from community investment, tourism revenue, and village funds as well as other additional funds.
Kata KunciManajemen, Badan Usaha Milik Desa, Agrowisata.
Nama Pembimbing 1Drs. Pawrtha Dharma, M.Si.
Nama Pembimbing 2Dr. Sukarso, M.Si
Tahun2020
Jumlah Halaman13
Page generated in 0.0683 seconds.