View Artikel Ilmiah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Kembali
NIM (Student Number)F1B015086
Nama MahasiswaMAHARDANI TITIS PRIHATINI
Judul ArtikelKinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa di Desa Kalicupak Kidul Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas
AbstrakPemerintah Desa Kalicupak Kidul membentuk BUMDes sebagai lokomotif pembangunan desa, didirikan berdasarkan usulan dari masyarakat, kebutuhan, profesi, dan kapasitas desa untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Desa Kalicupk Kidul. Selain itu juga untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa dan mengurangi pengangguran menuju kemandirian desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cakra Mukti dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa di Desa Kalicupak Kidul Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan indikator kinerja dari Agus Dwiyanto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dari model Miles dan Huberman (1984). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja BUMDes Cakra Mukti secara umum sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya Pendapatan Asli Desa pada Desa Kalicupak Kidul dan berdasarkan berjalannya unit-unit usaha yang ada pada BUMDes, walaupun masih ada yang belum maksimal. Selain itu partisipasi masyarakat juga semakin meningkat. Harapan-harapan dari masyarakat juga semakin bertambah. Selain itu jika dilihat dari pengurusnya sendiri Sumber Daya Manusianya juga sudah baik, hanya saja perlu ditingkatkan lagi pada mentalnya terutama pada generasi mudanya. BUMDes Cakra Mukti juga sudah bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa, walaupun masih sedikit. Saran yang dapat diberikan yaitu agar segera merealisasikan rencana-rencana untuk pengembangan dan perbaikan BUMDes agar kedepannya bisa berkembang dengan baik.
Abstrak (Inggris)ABSTRACT The Kalicupak Kidul Village Government formed BUMDes as a locomotive for village development, established based on suggestions from the community, needs, profession, and village capacity to improve the economic welfare of the people in Kalicupk Kidul Village. In addition, it is also to increase Village Original Income and reduce unemployment towards village independence. This study aims to determine how the performance of Cakra Mukti Village-Owned Enterprises (BUMDes) in increasing Village Original Income in Kalicupak Kidul Village, Kalibagor District, Banyumas Regency. The research method used is descriptive qualitative. This study uses performance indicators from Agus Dwiyanto. The data collection techniques used were interviews, observation, and documentation. Data analysis used is from the model of Miles and Huberman (1984). The results of this study indicate that the performance of BUMDes Cakra Mukti has generally been going well. This can be seen from the increase in Village Original Income in Kalicupak Kidul Village and based on the operation of existing business units in BUMDes, although there are still some that are not optimal. In addition, community participation is also increasing. The expectations of the community are also increasing. Besides that, if seen from the management itself, the Human Resources are also good, it's just that it needs to be improved mentally, especially in the younger generation. BUMDes Cakra Mukti has also been able to increase Village Original Income, although it is still a little. Suggestions that can be given are to immediately realize plans for the development and improvement of BUMDes so that in the future it can develop well.
Kata KunciKinerja, BUMDes
Nama Pembimbing 1Sendy Noviko, S.sos, MPA
Nama Pembimbing 2Dr. Denok Kurniasih, M.Si
Tahun2021
Jumlah Halaman14
Page generated in 0.0559 seconds.