View Artikel Ilmiah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Kembali
NIM (Student Number)F1D015048
Nama MahasiswaDELLA OKTAVIANI
Judul ArtikelStrategi Kampanye Anis Baswedan dan Sandiaga Uno Melalui Twitter Pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017
AbstrakKomunikasi politik sebagai kegiatan politik merupakan penyampaian pesan-pesan yang bercirikan politik oleh aktor-aktor politik kepada pihak lain, Media Sosial dan Politik ini akan menyajikan data mengenai media sosial dan berpolitik di media sosial yang berkenaan dengan informasi sekaligus proses pemilihan Kepala Daerah Provinsi DKI Jakarta 2017. Tim Anis-Sandi ini mempunyai strategi kampanye dengan cara melalukan kampanye melalui media sosial khususnya melalui media Twitter. Mereka punya relawan dunia maya yang tergabung dalam jakartamajubersama.com. Melalui akun Twitter resmi @JktMajuBersama, tim pemenangan Anis-Sandi ini berkampanye program-program mereka. Tim sukses Anis-Sandi ini berkampanye melalui media twitter agar masyarakat dapat mengenal sosok Anis-Sandi dengan mudah. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan dan mengetahui bagaimana strategi tim Anis dan Sandi dalam kampanye melalui Twitter pada pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2017. Penelitian ini menggunakan teori pilkada, teori media, teori kampanye politik, dan teori komunikasi politik. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus. fokus penelitian bersifat tentatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di DKI Jakarta. Sasaran dalam penelitian ini adalah ketua tim pemenang dan ketua bidang media tim pemenang. teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan strategi Tim Anis dan Sandi melalui twitter, dengan cara strategi konten, strategi konten yang tim Anis dan Sandi untuk menghangatkan suasana seperti lewat konten humor, inspirasi dsb, membangun kedekatan public dengan pasangan calon dan menyampaikan narasi atau program Anis dan Sandi secara kredibel dan shareable
Abstrak (Inggris)Political communication as a political activity is the delivery of messages that are characterized by politics by political actors to other parties, this Social and Political Media will present data on social media and politics on social media with regard to information as well as the election process for the Regional Head of DKI Jakarta Province. 2017. The Anis-Sandi team has a campaign strategy by conducting campaigns through social media, especially through Twitter. They have virtual world volunteers who are members of jakartamajubersama.com. Through the official Twitter account @JktMajuBersama, the Anis-Sandi winning team is campaigning for their programs. The Anis-Sandi success team campaigned through Twitter media so that the public could get to know Anis-Sandi figure easily. The purpose of this research is to describe and find out how the Anis and Sandi team's strategy in campaigning via Twitter in the election for the Governor of DKI Jakarta in 2017. This research uses election theory, media theory, political campaign theory and political communication theory. This type of research is a type of qualitative research. The approach in this research is a case study approach. research focus is tentative. The location of this research was conducted in DKI Jakarta. The target of this research is the leader of the winning team and the head of the media for the winning team. The technique of selecting informants in this study using purposive sampling. The results of this study show the Anis and Sandi Team's strategy through twitter, by means of a content strategy, content strategy that Anis and Sandi's team uses to warm the atmosphere such as through humorous content, inspiration, etc., building public closeness with the candidate pair and conveying Anis and Sandi's narrative or program in an interactive manner. credible and shareable
Kata KunciKatakampanye, media sosial, Twitter, pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017
Nama Pembimbing 1Drs. Syah Firdaus, M.Si
Nama Pembimbing 2Ahmad Sabiq, S.IP., MA
Tahun2021
Jumlah Halaman20
Page generated in 0.0558 seconds.