View Artikel Ilmiah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Kembali
NIM (Student Number)F1B018019
Nama MahasiswaLAILI FAUZIAH
Judul ArtikelInovasi Pelayanan Publik Melalui Si Geulis Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis
AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masyarakat bahwa keterjangkauan pelayanan perizinan belum optimal dan perlu untuk diperbaiki. Untuk menjawab permasalahan publik Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis membuat Inovasi Si Geulis, Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Inovasi pelayanan publik yang ada di Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purpose sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi pelayanan publik melalui Si Geulis pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis dibentuk pada pertengahan tahun 2021, dan inovasi ini pun diluncurkan kepada tujuh kecamatan yang ada di Kabupaten Ciamis. Selama ini inovasi Si Geulis sudah dapat dikatakan berhasil dan memudahkan dalam pembuatan NIB, ditandai dengan banyaknya partisipasi dan dukungan dari pelaku UMKM salah satunya dalam pembuatan NIB, dalam penyebaran inovasi Si Geulis pun dengan cara melayangkan surat kepada kecamatan untuk mensosialisasikan perkembangan dari Si Geulis dan penyebarannya pun melalui media sosial, dan kemampuan kinerja organisasi sudah sesuai dengan tupoksinya masing- masing meskipun adanya suatu keterbatasan SDM dan dampak nya dengan adanya inovasi Si Geulis memberikan dampak baik karena memudahkan dalam pembuatan NIB bagi masyarakat, koordinasi sering dilakukan, meskipun pasti adanya suatu kendala seperti sinyal yang tidak memadai, dan peran kepeimpinan pada inovasi Si Geulis sangat mendukung, apalagi setelah inovasi Si Geulis diluncurkan kepada tujuh kecamatan yang diharapkan bisa mengarahkan masyarakat, dan koordinasi selalu saja dilakukan untuk melihat perkembangan Si Geulis.
Abstrak (Inggris)This research is motivated by the community's problem that the affordability of licensing services is not optimal and needs to be improved. To answer public problems, the Investment and One-Stop Integrated Service Office of Ciamis Regency made the Si Geulis Innovation. The purpose of this study was to describe the innovation of public services in Ciamis Regency. This research uses descriptive qualitative method. The informant selection technique used a purpose sampling technique. The results showed that public service innovation through Si Geulis at the Office of Investment and One Stop Integrated Services of Ciamis Regency was formed in mid-2021, and this innovation was launched to seven sub-districts in Ciamis Regency. So far, Si Geulis' innovation can be said to have succeeded and made it easier to make NIB, marked by the large number of participation and support from MSME actors, one of which is in making NIB, in spreading Si Geulis's innovation by sending letters to the sub-district to socialize the development of Si Geulis and its distribution. even through social media, and the organization's performance capabilities are in accordance with their respective tupoksi even though there is a limited human resources and its impact with the Si Geulis innovation has a good impact because it makes it easier to make NIB for the community, coordination is often done, although there must be an obstacle such as inadequate signal, and the role of leadership in Si Geulis innovation is very supportive, especially after Si Geulis' innovation was launched to seven sub-districts which are expected to be able to direct the community, and coordination is always carried out to see the development of Si Geulis.
Kata KunciInovasi Si Geulis, Pelayanan Publik, UMKM.
Nama Pembimbing 1Dr. Muslih Faozanudin, M.Sc
Nama Pembimbing 2Dr. Ali Rokhman, M.Si
Tahun2022
Jumlah Halaman13
Page generated in 0.061 seconds.