View Artikel Ilmiah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Kembali
NIM (Student Number)F1C016085
Nama MahasiswaFAIRUZ INDRA ALAUDINNOOR
Judul ArtikelStrategi Komunikasi Pemasaran Kota Lama Banyumas sebagai Objek Wisata Budaya di Kabupaten Banyumas
AbstrakIndonesia memiliki berbagai potensi wisata baik dari budaya maupun alam. Salah satunya yaitu wisata Kota Lama Banyumas yang akan didorong menjadi Kota Pusaka berbasis pertanian serta dalam proses pengkajian untuk menjadi penempatan cagar budaya. Hal tersebut membuat pemerintah Kabupaten Banyumas menempatkan strategi komunikasi pemasaran sebagai jalur pengembangan wisata Kota Lama Banyumas sebagai objek wisata di Kabupaten Banyumas agar tidak tertinggal dengan wisata-wisata modern lainnya dan terus berkembang dengan budaya Jawa yang kental tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Kota Lama Banyumas sebagai objek wisata budaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitan menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan adalah sebagai berikut: 1) Produk merupakan kegiatan-kegiatan di Kota Lama Banyumas yang menjadi daya tarik bagi masyarakat. 2) Harga yang meliputi potongan harga atau diskon, paket usaha yang mencakup seluruh cagar budaya Kota Lama Banyumas. 3) Tempat yang dikondisikan agar menciptakan suasana nyaman dan strategis sehingga mengutamakan keterjangkauan dan aksesibilitas. 4) Promosi merupakan cara yang efektif untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat sebagai calon wisatawan. Promosi dalam hal ini dilakukan melalui sosial media seperti instagram, tiktok, aplikasi “Dolan Banyumasan”, youtube, maupun secara langsung seperti memasangkan poster atau banner kegiatan dan informasi mengenai kota lama Banyumas.
Abstrak (Inggris)Indonesia has various potentials tourism both from culture and nature, one of which is the Kota Lama Banyumas tour. Banyumas Old City Tourism will be encouraged to become an agricultural-based Heritage City. This has made the government of Banyumas Regency put a marketing communication strategy as a route to develop Banyumas Old City tourism as a tourist attraction in Banyumas Regency so that it is not left behind by other modern tours and continues to grow with this thick Javanese culture. This study aims to analyze the marketing communication strategy of the old city of Banyumas as a cultural tourism object in Banyumas Regency. ​This study uses descriptive qualitative research. The results of the research show that: 1) Product is the activities of the old city of Banyumas. 2) Price is refers to discounts, and business packages. 3) Place is refers to comfortable and strategic place so public has an accessibility to reach the tourism objects. 4) Promotion is an effective way to convey information to the public through social media such as Instagram, Tiktok, the “Dolan Banyumasan” application, YouTube, or directly such as placing posters or banners for activities and information about the old city of Banyumas.
Kata KunciStrategi, Komunikasi Pemasaran, DINPORABUDPAR
Nama Pembimbing 1Dr. Nuryanti, S.IP., M.SC.
Nama Pembimbing 2Drs. Chusmeru, M.Si.
Tahun2023
Jumlah Halaman15
Page generated in 0.0518 seconds.